%0 Thesis %9 S1 %A SAPUTRI, DEBY AYUDIYA %B Pendidikan Kimia %D 2017 %F UNY:52748 %I Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY %T PENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM KIMIA BESERTA INSTRUMEN PENILAIAN ASPEK PSIKOMOTORIK UNTUK PRAKTIKUM KIMIA KELAS XI SEMESTER 2 SMA/MA %U http://eprints.uny.ac.id/52748/ %X Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan buku petunjuk praktikum kimia beserta instrumen penilaian aspek psikomotorik untuk praktikum kimia kelas XI semester 2 SMA/MA dan menentukan kualitas buku petunjuk praktikum kimia tersebut. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengadaptasi model ADDIE. Tahap implementasi tidak dilakukan, sehingga terdapat empat tahap pengembangan, yaitu tahap analisis, desain, pengembangan, dan evaluasi. Produk awal buku petunjuk praktikum kimia dinilai oleh ahli media, ahli materi, dan peer reviewer untuk memperoleh masukan/saran sebagai pertimbangan untuk melakukan revisi I. Produk hasil revisi I kemudian dinilai oleh lima guru kimia SMA sebagai reviewer. Hasil penilaian dari reviewer kemudian dianalisis dan dilakukan revisi II berdasarkan masukan/saran yang diberikan oleh reviewer sehingga diperoleh produk akhir. Hasil penelitian pengembangan ini berupa buku petunjuk praktikum kimia beserta instrumen penilaian aspek psikomotorik untuk praktikum kimia kelas XI semester 2 SMA/MA. Kualitas buku petunjuk praktikum kimia ditentukan berdasarkan penilaian lima reviewer. Berdasarkan hasil penilaian reviewer, diperoleh skor rata-rata sebesar 74,6 dari skor maksimal 85 dengan persentase keidealan 87,76%, sehingga kualitas buku petunjuk praktikum kimia ini termasuk dalam kategori sangat baik (SB). Dengan demikian, buku petunjuk praktikum kimia layak digunakan sebagai sumber pembelajaran praktikum dan penilaian aspek psikomotorik bagi guru untuk peserta didik kelas XI SMA/MA semester 2.