%L UNY52741 %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan melalui media Big Book siswa kelas II SD Negeri Jetak Kaliagung Sentolo Kulon Progo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SD Negeri Jetak yang terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari plan, act and observe, dan reflect. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menujukkan bahwa melalui media Big Book dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas II SD Negeri Jetak Kaliagung Sentolo Kulon Progo dari segi proses maupun hasil. Pada pratindakan, siswa kurang bersemangat dan hanya diam saat pelajaran berlangsung. Pada siklus I, beberapa siswa masih enggan mengacungkan tangan ketika guru memberikan pertanyaan. Pada siklus II, siswa mulai berani maju membacakan Big Book di depan kelas. Dilihat dari hasil, nilai rata-rata keterampilan membaca permulaan siswa pada pratindakan 69,33 meningkat menjadi 72,79 pada siklus I dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 77,50. Presentase nilai rata-rata mengalami peningkatan, pada pratindakan nilai rata-rata siswa 58,33%, pada siklus I 66,67% dan siklus II meningkat menjadi 75%. Kata kunci: keterampilan membaca permulaan, media Big Book. %A Yurike Sofyaning Pratiwi %T PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA “BIG BOOK” SISWA KELAS II SD NEGERI JETAK KALIAGUNG SENTOLO KULON PROGO %I PGSD %D 2017