TY - THES PB - PGSD A1 - Wijiyanto, Rohmat N2 - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran dan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa dengan menggunakan media objek pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah Girinyono, Pengasih, Kulon Progo. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran dan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa dengan menggunakan media objek pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah Girinyono, Pengasih, Kulon Progo. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan media objek langsung dapat meningkatkan proses keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SD Muhammadiyah Girinyono. Peningkatan proses terlihat dari kondisi siswa yang lebih aktif dan antusias dalam pembelajaran. Peningkatan keterampilan menulis pada siklus I meningkat sebesar 5,74, yang kondisi awalnya 68,83 meningkat menjadi 74,57 dan pada siklus II meningkat sebesar 9,96, yang kondisi awalnya 68,83 meningkat menjadi 78,53. Kata kunci: karangan deskripsi, media objek langsung, Sekolah Dasar Y1 - 2017/09/07/ UR - http://eprints.uny.ac.id/52729/ TI - PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MENGGUNAKAN MEDIA OBJEK LANGSUNG PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH GIRINYONO KECAMATAN PENGASIH KABUPATEN KULON PROGO AV - restricted M1 - skripsi ID - UNY52729 ER -