TY - THES Y1 - 2017/09/07/ ID - UNY52727 A1 - Khoiriyyah, Reni Nur TI - PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES IPA MELALUI PENERAPAN SIKLUS BELAJAR 5E PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 SEDAYU BANTUL PB - PGSD AV - restricted N2 - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses IPA melalui siklus belajar 5E pada siswa kelas V SD Negeri 1 Sedayu Bantul. Penelitian dilaksanakan pada bulan April-Mei. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Sedayu dengan jumlah 31 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Objek penelitian ini yaitu keterampilan proses IPA. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan & pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan observasi keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data yaitu secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan proses IPA siswa yaitu keterampilan menginferensi dan memprediksi mengalami peningkatan. Pada siklus I, persentase rata-rata keterampilan menginferensi sebesar 85,94% dan keterampilan memprediksi sebesar 81,78%. Pada siklus II, persentase rata-rata keterampilan menginferensi meningkat menjadi88,71% dan keterampilan memprediksi sebesar 85,48%. Hasil tersebut telah memenuhi kriteria keberhasilan penelitian serta validasi proses. Peningkatan tersebut karena guru telah menerapkan setiap tahap pada siklus belajar 5E sesuai dengan pedoman pembelajaran. Kata kunci: Keterampilan Proses IPA, Siklus Belajar5E M1 - skripsi UR - http://eprints.uny.ac.id/52727/ ER -