TY - THES A1 - Susanti, Nola AV - restricted UR - http://eprints.uny.ac.id/52719/ M1 - skripsi TI - KEEFEKTIFAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN AKTIF TIPE INDEX CARD MATCH TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN NOGOTIRTO N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pendekatan pembelajaran aktif tipe Index Card Match terhadap keaktifan belajar siswa kelas V di SDN Nogotirto pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini merupakan penelitian menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA dan VB SD Negeri Nogotirto dengan jumlah siswa sebanyak 27 siswa di kelas VA dan 24 siswa di kelas VB. Kelas VA sebagai kelas kontrol diberi perlakuan dengan tidak menggunakan pendekatan pembelajaran aktif pada pembelajaran IPS dan kelas VB sebagai kelas ekperimen diberi perlakuan berupa penerapan pembelajaran aktif tipe Index Card Match pada pembelajaran IPS. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Data dianalisis secara deskriptif dan disajikan dalam bentuk tabel dan grafik. Hasil penelitian berdasarkan skor angket keaktifan siswa setelah perlakuan menunjukkan bahwa lebih dari 80% siswa pada kelas eksperimen mencapai tingkat keaktifan belajar sangat tinggi, sedangkan siswa pada kelas kontrol yang mencapai tingkat keaktifan belajar sangat tinggi masih kurang dari 80% siswa. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran aktif tipe Index Card Match efektif untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas V di SD Negeri Nogotirto. Kata kunci: pendekatan pembelajaran aktif tipe Index Card Match, keaktifan belajar siswa. Y1 - 2017/09/07/ ID - UNY52719 PB - PGSD ER -