TY - THES Y1 - 2017/08/14/ KW - lembar kerja siswa KW - pendekatan kontekstual KW - AJEL KW - kemampuan komunikasi matematis ID - UNY52686 A1 - Wijayanti, Indra Kusuma A1 - Retnawati, Heri TI - PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE JOYFUL EFFECTIVE LEARNING PADA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA KELAS VII UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PB - UNY AV - restricted M1 - skripsi N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar materi segiempat dan segitiga kelas VII berupa LKS yang dikembangkan dengan menggunakan pendekatan kontekstual dan model pembelajaran Active Joyful Effective Learning (AJEL) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Selain itu, penelitian ini mendeskripsikan kualitas bahan ajar ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE, yang meliputi Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Kualitas LKS dideskripsikan berdasarkan hasil penilaian kevalidan isi oleh ahli materi, angket respon siswa dan respon guru yang mengukur aspek kepraktisan penggunaan LKS dan observasi keterlaksanaan pembelajaran dan tes kemampuan komunikasi matematis siswa untuk mengukur keefektifan LKS dalam memfasilitasi pembelajaran. Bahan ajar yang dikembangkan diimplementasikan di SMP Negeri 4 Wates dengan objek penelitian siswa kelas VIID. Penelitian ini menghasilkan bahan ajar berupa LKS yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. LKS dinyatakan valid ahli materi memberikan skor 4.2. LKS dinyatakan praktis karena guru memberikan skor rata-rata 3.5 dan siswa memberikan skor rata-rata 3.1 terhadap aspek kepraktisan. Berdasarkan hasil tes kemampuan komunikasi matematis, LKS dan RPP memenuhi kriteria efektif ditunjukkan dengan kenaikan hasil belajar kemampuan komunikasi matematis pada kelas eksperimen sebesar 47,2% lebih dari kenaikan hasil belajar pada kelas kontrol dan persentase siswa yang memenuhi KKM pada kelas kontrol sebesar 62,5% dengan persentase observasi keterlaksanaan pembelajaran sebesar 93%. Hal ini menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan mampu meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. UR - http://eprints.uny.ac.id/52686/ ER -