%A Febri Kusumaningtyas %T KEDISIPLINAN GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 1 SEMBUNG, WEDI, KLATEN %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kedisiplinan guru dalam proses pembelajaran di SD Negeri 1 Sembung, Wedi, Klaten. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif jenis deskriptif, dengan subjek kepala sekolah, guru dan siswa kelas I hingga VI. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipasi pasif, waancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman. Peneliti menguji kredibilitas data melalui triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap perencanaan, semua guru sudah disiplin dalam pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), namun berbeda waktu pembuatannya. Pada tahap pelaksanaan, guru sudah disiplin dalam menampilkan sikap yang baik seperti adil, sopan, dan toleransi antar sesama, namun guru masih terlihat kurang disiplin dalam hal pengaturan waktu pembelajaran. Dalam tahap evaluasi hasil belajar, guru sudah melaksanakan evaluasi sesuai aturan yang berlaku, namun yang terlihat guru hanya memberikan evaluasi pada ranah pengetahuan (kognitif) saja. Kata kunci: kedisiplinan guru, proses pembelajaran %D 2017 %I PGSD %L UNY52679