%0 Thesis %9 S1 %A Pratingkas, Chintya Kesuma %B Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2017 %F UNY:52671 %I PGSD %T PERBEDAAN PEMAHAMAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS ANTARA KELOMPOK YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN STAD DI SD NEGERI 1 WONOGIRI %U http://eprints.uny.ac.id/52671/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi mempertahankan kemerdekaan RI antara kelompok yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan kelompok yang diajar dengan STAD pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Wonogiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode true experiment dan bentuk desain pretest-posttest control group design. Sampel penelitian adalah 34 siswa, terdiri dari 17 siswa kelas VA dan 17 siswa kelas VB SD Negeri 1 Wonogiri. Penelitian ini terdiri variabel terikat yaitu pemahaman belajar siswa dan variabel bebas yaitu model pembelajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah t-test sampel independen pada taraf signifikan 5%. Uji prasyarat analisis dalam penelitian ini yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan pemahaman belajar siswa secara signifikan pada mata pelajaran IPS materi mempertahankan kemerdekaan RI antara kelompok yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan STAD, nilai sig pada uji t sebesar 0,024. Rerata skor posttest pada kelompok eksperimen sebesar 19,88 sedangkan pada kelompok kontrol sebesar 16,76. Kata kunci: model pembelajaran jigsaw, model pembelajaran STAD, pemahaman belajar