TY - THES ID - UNY52666 M1 - skripsi AV - public TI - PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN AKUSTIK SUARA SEBAGAI BAHAN AJAR MATA PELAJARAN TEKNIK PEREKAYASAAN SISTEM AUDIO KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK NEGERI 2 YOGYAKART KW - modul pembelajaran KW - akustik suara KW - teknik perekayasaan sistem audio UR - http://eprints.uny.ac.id/52666/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Modul Pembelajaran Akustik Suara yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran Mata Pelajaran Teknik Perekayasaan Sistem Audio Kelas XI Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video di SMK Negeri 2 Yogyakarta dan mengetahui kelayakan Modul Pembelajaran Akustik Suara yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran Mata Pelajaran Teknik Perekayasaan Sistem Audio Kelas XI Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video di SMK Negeri 2 Yogyakarta. Modul pembelajaran ini digunakan pada Mata Pelajaran Teknik Perekayasaan Sistem Audio Kelas XI Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video di SMK Negeri 2 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) versi Borg and Gall yang telah disederhanakan oleh Anik Ghufron. Metode R&D ini melalui empat tahapan: 1) studi pendahuluan; 2) pengembangan; 3) uji lapangan; dan 4) diseminasi. Alat pengumpul data yang digunakan berupa angket skala Likert model empat pilihan. Modul Pembelajaran Akustik Suara divalidasi oleh dua ahli materi dan dua ahli media selanjutnya diujicobakan kepada sembilan peserta didik kelas XI Audio Video 1 dan dua puluh enam peserta didik kelas XI Teknik Audio Video 2 di SMK Negeri 2 Yogyakarta. Penelitian ini menghasilkan produk berupa Modul Pembelajaran Akustik Suara sebagai bahan ajar Mata Pelajaran Teknik Perekayasaan Sistem Audio Kelas XI. Isi modul terdiri dari judul, pendahuluan, pembelajaran, dan evaluasi dengan total 180 halaman. Bahasa yang digunakan dalam modul pembelajaran ini adalah Bahasa Indonesia yang sesuai dengan kaidah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran ini mendapat rerata skor setelah divalidasi oleh ahli materi sebesar 3,53 sehingga termasuk dalam kategori ?sangat layak?, oleh ahli media mendapatkan rerata skor sebesar 3,72 sehingga termasuk dalam kategori ?sangat layak?, dan dari uji lapangan mendapat rerata skor sebesar 3,48 sehingga termasuk dalam kategori ?sangat layak?. Berdasarkan dari hasil validasi ahli dan uji lapangan tersebut maka modul pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran Mata Pelajaran Teknik Perekayasaan Sistem Audio. Y1 - 2017/09/04/ A1 - Figri, Ghozali PB - Fakultas Teknik ER -