@phdthesis{UNY52658, month = {August}, title = {IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN INKLUSI DI SMP EKAKAPTI KARANGMOJO GUNUNG KIDUL}, author = {Fatih Hendri Danarhadi}, school = {Fakultas Ilmu Pendidikan}, year = {2017}, keywords = {implementasi, kebijakan, pendidikan inklusi}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) implementasi kebijakan pendidikan inklusi di SMP Ekakapti Karangmojo, 2) faktor pendukung dan faktor penghambat, 3) upaya yang dilakukan oleh sekolah dalam mengatasi hambatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, koordinator pendidikan inklusi, guru mata pelajaran serta GPK. Metode pengumpulkan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Tahapan dalam teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan implementasi kebijakan pendidikan inklusif ditransformasikan melalui SK SPPI, penunjukan GPK dan pelatihan inklusif dari dinas. SMP Ekakapti Karangmojo mengimplementasikan pendidikan inklusif melalui penunjukan koordinator pendidikan inklusif, pemanfaatan SDM sekolah agar memiliki disposisi yang baik, manajemen keuangan inklusif, peningkatan sarana ramah ABK, kerja sama sekolah dengan berbagai pihak serta pembuatan kebijakan sekolah. Faktor pendukung implementasi kebijakan tersebut adalah pelatihan dari dinas, disposisi SDM sekolah, sumber dana, peralatan, kerja sama guru dan kerja sama sekolah dengan berbagai pihak. Faktor penghambat implementasi kebijakan adalah terbatasnya GPK, belum maksimalnya intisari kebijakan inklusif, peralatan komputer, permasalahan ABK dan lingkungan luar sekolah. Upaya mengatasi hambatan dengan membuat kebijakan sekolah, yaitu kebijakan pelatihan mandiri sekolah, modifikasi kurikulum, kerjasama sekolah, penambahan jam belajar serta peningkatan keamanan lingkungan sekolah.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/52658/} }