%0 Thesis
%9 S1
%A Romadoni, Siti Fauziah
%B Kebijakan Pendidikan
%D 2017
%F UNY:52650
%I Fakultas Ilmu Pendidikan
%K Implementasi kebijakan, pembinaan dan pembimbingan, pendidikan karakter
%T IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMBINAAN DAN PEMBIMBINGAN SEBAGAI PENDIDIKAN KARAKTER BAGI NARAPIDANA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KLAS IIA YOGYAKARTA
%U http://eprints.uny.ac.id/52650/
%X Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan implementasi kebijakan  pembinaan dan pembimbingan sebagai pendidikan karakter bagi narapidana di LP  Klas IIA Yogyakarta, (2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat  pelaksanaan kebijakan, dan (3) mengetahui solusi dari hambatan pelaksanaan  kebijakan.  Pendekatan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian  adalah lima narapidana dan enam petugas pemasyarakatan. Data dikumpulkan  dengan observasi, wawancara dan studi dokumen dan dokumentasi. Analisis data  meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Uji keabsahan  data menggunakan triangulasi teknik dan sumber.  Hasil penelitian adalah: (1) pelaksanaan kebijakan pembinaan dan  pembimbingan sebagai pendidikan karakter di LP Klas IIA Yogyakarta berjalan  sesuai tujuan pemasyarakatan. Pendidikan karakter dilaksanakan melalui kegiatan  jasmani, rohani, intelektual dan kemandirian, (2) faktor pendukungnya adalah  narapidana taat dan tertib; kerja sama dengan pihak ketiga; memperoleh voucher;  kebijakan wajib diikuti narapidana. Faktor penghambatnya adalah kurangnya  motivasi sebagian narapidana; sarana prasarana dan anggaran terbatas; pemasaran  sempit, dan (3) solusi dari hambatan adalah memberikan pengusulan cuti dan sanksi  dimasukan ke selker; memotivasi narapidana; mengajukan proposal ke Kantor  Wilayah Hukum dan HAM DIY.