%0 Thesis %9 S1 %A Ekawati, Yuni %B Kebijakan Pendidikan %D 2017 %F UNY:52648 %I Fakultas Ilmu Pendidikan %K Implementasi Kebijakan, Kebijakan Sekolah Dasar Rujukan %T IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SEKOLAH DASAR RUJUKAN DI SD NEGERI I BANTUL %U http://eprints.uny.ac.id/52648/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Implementasi Kebijakan Sekolah Dasar Rujukan di SD Negeri I Bantul, Kabupaten Bantul, D.I. Yogyakarta; (2) Faktor pendukung dan penghambat dalam Implementasi Kebijakan Sekolah Dasar Rujukan di SD Negeri I Bantul, Kabupaten Bantul, D.I. Yogyakarta; Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode deskriptif. Setting Penelitian dilakukan di SD Negeri I Bantul. Subjek Penelitian ini adalah Kepala Bidang Sekolah Dasar Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga, Kepala Sekolah SD Negeri I Bantul, lima Pendidik, dua Tim Pengembang Kurikulum dan dua Tim Ekstrakurikuler. Teknik Pengumpulan data menggunakan wawancara, pengamatan/observasi, dan studi dokumentasi. Sedangkan instrument penelitian dengan menggunakan pedoman wawancara, pedoman pengamatan/observasi, dan pedoman studi dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu dengan kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Teknik keabsahan data yang digunakan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Implementasi Kebijakan Sekolah Dasar Rujukan di SD Negeri I Bantul diselenggarakan dengan tiga program yaitu program peningkatan mutu pendidikan, peningkatan sarana dan prasarana, dan peningkatan kapasitas guru dan kepala sekolah. Tujuan implementasi kebijakan sekolah dasar rujukan yaitu untuk mendiseminasikan hasil kinerja terbaik sekolah. Pendiseminasian hasil kinerja terbaik sekolah ke sekolah lain dalam Implementasi Kebijakan Sekolah Dasar Rujukan di SD Negeri I Bantul yaitu dengan diadakannya diklat dan mengundang perwakilan guru di Tingkat Gugus I Kecamatan Bantul, meminjamkan file yang mendukung peningkatan mutu pendidikan disekolah serta guru SD Negeri I Bantul menjadi narasumber di Kurikulum 2013. 2) Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat dalam Implementasi Kebijakan Sekolah Dasar Rujukan di SD Negeri I Bantul yaitu adanya sumber daya yang memiliki komitmen tinggi, jumlah kelas sesuai dengan animo siswa, serta penghambatnya adalah kurang maksimalnya lahan sekolah untuk pembelajaran olahraga dan fasilitas yang diberikan untuk meningkatkan profesionalisme guru yang merangkap sebagai guru ekstrakurikuler.