eprintid: 52627 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 1233 dir: disk0/00/05/26/27 datestamp: 2017-08-31 01:41:40 lastmod: 2019-01-30 15:03:20 status_changed: 2017-08-31 01:41:40 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ismujoko, Yanuar title: IDENTIFIKASI KESULITAN GURU SD I PEDES SEDAYU BANTUL DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 ispublished: pub subjects: pssd_pgsd divisions: fip_pgsd full_text_status: restricted keywords: Kurikulum 2013, Kesulitan Guru abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan-kesulitan awal implementasi kurikulum 2013 dalam perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan penilaian pembelajaran di kelas I dan IV A SD I Pedes Sedayu Bantul serta upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas I dan kelas IV A SD I Pedes. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara untuk mengetahui permasalahan awal, observasi dan dokumentasi untuk memperkuat data yang telah diperoleh. Data dianalisis dengan menggunakan langkah-langkah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru SD I Pedes mengimplementasikan pembelajaran Kurikulum 2013 dengan menggunakan pendekatan tematik terpadu dan model pembelajaran eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi. Guru SD I Pedes sudah mempersiapkan dan menyusun rencana pembelajaran kurikulum 2013 dengan baik sesuai dengan Permendikbud. Guru tidak mengalami kesulitan dalam penyusunan Silabus dan RPP. Kesulitan implementasi kurikulum 2013 banyak ditemukan pada pelaksanaan dan penilaian pembelajaran kurikulum 2013. Dalam pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013, guru SD I Pedes mengalami dalam ketepatan alokasi waktu pembelajaran, mengelola kelas secara efektif, analisis hasil belajar peserta didik dan mewujudkan kegiatan belajar yang sesuai dengan cara belajar peserta didiknya masing-masing. Kendala implementasi pada penilaian pembelajaran kurikulum 2013 terletak pada guru belum melakukan penilaian autentik untuk peserta didik. Guru SD I Pedes telah melakukan berbagai upaya untuk mengatasi kesulitan implementasi Kurikulum 2013 yang berdampak positif dan signifikan. Kata kunci : Kurikulum 2013, Kesulitan Guru date: 2017-08-30 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Pendidikan department: PGSD thesis_type: skripsi citation: Ismujoko, Yanuar (2017) IDENTIFIKASI KESULITAN GURU SD I PEDES SEDAYU BANTUL DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan. document_url: http://eprints.uny.ac.id/52627/1/Yanuar%20Ismujoko.pdf