TY - THES Y1 - 2017/08/30/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh kecerdasan emosi dan persepsi pola asuh permisif terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri se-Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo, D.I Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD se-Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo yang berjumlah 529 siswa dengan sampel penelitian berjumlah 239 siswa yang diambil secara acak dengan menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan skala untuk mengumpulkan data kecerdasan emosi, persepsi pola asuh permisif, dan motivasi belajar siswa. Instrumen ini diujicobakan kepada 49 siswa. Uji validitas instrumen menggunakan validitas isi dan validitas konstruk dengan menggunakan teknik expert judgement, sedangkan untuk mengetahui daya beda item menggunakan korelasi product moment Pearson. Reabilitas instrumen diketahui dengan Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis yang dilakukan adalah uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji korelasi parsial, uji korelasi ganda, dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kecerdasan emosi berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar dengan sumbangan sebesar 3,65%; 2) persepsi pola asuh permisif berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar dengan sumbangan sebesar 1,95%; 3) kecerdasan emosi dan persepsi pola asuh permisif secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar dengan sumbangan sebesar 5,6%. Kata kunci: kecerdasan emosi, persepsi pola asuh permisif, motivasi belajar PB - PGSD A1 - Zhaelani, Tulus M1 - skripsi ID - UNY52621 AV - restricted TI - PENGARUH KECERDASAN EMOSI DAN PERSEPSI POLA ASUH PERMISIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI SE-KECAMATAN PENGASIH KABUPATEN KULON PROGO D. I. YOGYAKARTA UR - http://eprints.uny.ac.id/52621/ ER -