<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PERANCANGAN KARYA \r\nCERITA BERGAMBAR LUMINIA UNTUK REMAJA"^^ . "Tujuan penulisan ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) konsep, 2) naskah, 3) \r\nunsur-unsur, 4) visualisasi untuk Tugas Akhir Karya Seni berjudul Perancangan \r\nKarya Cerita Bergambar Luminia untuk Remaja. \r\nMetode yang digunakan dalam perancangan karya cerita bergambar adalah \r\nmetode eksplorasi, ekperimen, dan visualisasi. Eksplorasi yaitu metode untuk \r\nmenemukan ide dan inspirasi dalam penulisan naskah untuk cerita bergambar dengan \r\nmembaca contoh-contoh naskah cerita bergambar yang sudah ada dan menguraikan \r\nunsur-unsur yang ada didalamnya untuk kemudian diaplikasikan pada naskah cerita \r\nyang hendak dibuat. Tahap selanjutnya menggunakan metode eksperimen, yaitu \r\neksperimen untuk menemukan bentuk dari karakter-karakter, objek-objek, dan \r\ngambaran latar tempat yang akan dimasukkan kedalam ilustrasi cergam; dilakukan \r\nmelalui pembuatan sketsa kasar terlebih dahulu untuk kemudian dilanjutkan dengan \r\nmetode berikutnya yaitu visualisasi. Visualisasi adalah proses mengubah sejumlah \r\nadegan terbaik dalam cergam menjadi ilustrasi, yang dilakukan dengan \r\nmemanfaatkan program CorelDRAW sebagai bentuk dari penggunaan teknik digital \r\ndalam pengerjaan ilustrasi. \r\nSetelah perancangan dan proses visualisasi, maka dapat disimpulkan: 1) \r\nKonsep perancangan cerita bergambar terdiri dari 2 bagian; yang pertama \r\nmenampilkan penulisan naskah cerita dengan unsur-unsur plot, tema, dan \r\npenggunaan bahasa. Bagian yang kedua menampilkan visualisasi dari tulisan \r\nmenjadi bentuk ilustrasi dengan memperhatikan unsur-unsur yaitu: gaya, warna, \r\ngaris, bentuk, dan gerakan. 2) Teknik yang digunakan adalah teknik ilustrasi digital \r\ndengan media komputer; menggunakan cara tracing melalui program CorelDRAW. \r\n3) Gaya ilustrasi adalah kartun dengan objek utama merupakan bunga bernama \r\nLuminia beserta 6 orang karakternya (5 protagonis dan 1 antagonis). Hasil akhir \r\nkonsep dan visualisasi tersebut adalah buku cerita bergambar Luminia dengan ciri \r\nsebagai berikut: (a) Cerita dan Ilustrasi disesuaikan untuk target pembaca yaitu \r\nremaja berusia 13-16 tahun, (b) Ilustrasi didominasi oleh warna-warna yang terang \r\ndan ceria, (c) Garis-garis yang membentuk objek-objeknya terdiri dari garis-garis \r\nyang tegas dan outline yang tebal, (d) Karakter yang ditampilkan dalam cerita \r\nsebagian besar merupakan karakter fantasi berupa peri, demikian pula setting latar \r\nyang merupakan dunia fantasi sehingga cerita akan menarik untuk disimak dan \r\nmembangkitkan imajinasi verbal maupun visual dari pembaca remaja."^^ . "2017-08-28" . . . "Fakuktas Bahasa dan Seni"^^ . . . "Pendidikan Seni Rupa, Fakuktas Bahasa dan Seni"^^ . . . . . . . . . "Miftakhul"^^ . "Ulum"^^ . "Miftakhul Ulum"^^ . . "Drs. R Kuncoro Wulan Dewojati, M.Sn."^^ . . . . . . . "PERANCANGAN KARYA \r\nCERITA BERGAMBAR LUMINIA UNTUK REMAJA (Text)"^^ . . . "PERANCANGAN KARYA \r\nCERITA BERGAMBAR LUMINIA UNTUK REMAJA (Other)"^^ . . . . . . "PERANCANGAN KARYA \r\nCERITA BERGAMBAR LUMINIA UNTUK REMAJA (Other)"^^ . . . . . . "PERANCANGAN KARYA \r\nCERITA BERGAMBAR LUMINIA UNTUK REMAJA (Other)"^^ . . . . . . "PERANCANGAN KARYA \r\nCERITA BERGAMBAR LUMINIA UNTUK REMAJA (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #52584 \n\nPERANCANGAN KARYA \nCERITA BERGAMBAR LUMINIA UNTUK REMAJA\n\n" . "text/html" . . . "Seni Rupa" . .