%0 Thesis %9 S1 %A Kibtiyah, Mariyatul %B Jurusan Pendidikan IPA %D 2017 %F UNY:52558 %I FMIPA UNY %K SSP IPA, CTL, Scientific Literacy %T PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) IPA BERBASIS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA TEMA “RAHASIA WADUK WADASLINTANG” UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA %U http://eprints.uny.ac.id/52558/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kelayakan Subject Specific Pedagogy (SSP) IPA berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada tema “Rahasia Waduk Wadaslintang” untuk meningkatkan literasi sains siswa, (2) peningkatan kemampuan literasi sains siswa setelah menggunakan SSP IPA berbasis pendekatan CTL pada tema “Rahasia Waduk Wadaslintang”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang mengadaptasi dari penelitian Thiangarajan yaitu model 4D. tahapan tersebut meliputi define, design, develop, dan disseminate. Keempat tahapan yang dilakukan yaitu (1) define, melalui analisis pendahuluan, analisis siswa, analisis konsep, analisis tugas, dan merumuskan tujuan pembelajaran; (2) design, melalui menyusun tes acuan patokan, pemilihan media, pemilihan format, dan pembuatan rancangan awal SSP; (3) develop, melalui validasi produk, revisi produk, dan uji coba pengembangan; (4) disseminate, melalui penyebarluasan produk. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas VIII A SMP N 1 Padureso. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi SSP IPA, lembar keterlaksanaan pembelajaran dan instrumen tes literasi sains. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif kelayakan SSP IPA, persentase keterlaksanaan pembelajaran, dan peningkatan literasi sains dengan N-gain score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Subject Specific Pedagogy (SSP) IPA berbasis pendekatan CTL pada tema “Rahasia Waduk Wadaslintang” yang meliputi silabus, RPP, LKS, dan instrumen penilaian masing masing mempunyai kelayakan sangat baik berdasarkan penilaian validator (2) pembelajaran menggunakan SSP IPA berbasis pendekatan CTL pada tema “Rahasia Waduk Wadaslintang” hasil pengembangan dapat meningkatkan literasi sains, yang ditunjukkan dengan N-gain score sebesar 0,51 dengan kategori sedang. Kata kunci: SSP IPA, CTL, Literasi sains This study aims to determine (1) the feasibility of Subject Specific Pedagogy (SSP) IPA with Contextual Teaching and Learning Approach (CTL) on the theme “Rahasia Waduk Wadaslintang” to improve student scientific literacy, (2) improvement of scientific literacy ability of students after using SSP result of development in science learning with CTL approach on the theme “Rahasia Waduk Wadaslintang”. The method used in this research is Research and Development (R & D) which adapted from Thiangarajan research that is 4D model. These stages include define, design, develop, and disseminate. The four stages are (1) define, through preliminary analysis, student analysis, concept analysis, task analysis, and formulating learning objectives; (2) design, through the preparation of benchmark reference tests, media selection, format selection, and initial design of the SSP; (3) develop, through product validation, product revision, and development trials; (4) disseminate, through product dissemination. Subjects in this study were students of class VIII A SMP N 1 Padureso. The instrument used is the validation sheet of the SSP, the instructional learning sheet and the literacy test instrument of science. The analytical technique used is descriptive analysis of the feasibility of SSP, percentage of learning implementation, and improvement of science literacy with N-gain score. The results showed that: (1) the Subject Specific Pedagogy (SSP) of IPA with Contextual Teaching and Learning Approach (CTL) on the theme “Rahasia Waduk Wadaslintang” includes syllabus, RPP, LKS, and assessment instruments each having excellent feasibility based on validator assessment (2) learning using SSP with CTL Approach on the theme “Rahasia Waduk Wadaslintang” result can increase scientific literacy, N-gain score of 0,51 with medium category.