TY - THES AV - public KW - collaboration skills KW - communication skills KW - project based learning KW - science student worksheet TI - PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK IPA BERBASIS MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI DAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK KELAS VII M1 - skripsi ID - UNY52556 UR - http://eprints.uny.ac.id/52556/ Y1 - 2017/08/28/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan LKPD IPA berbasis model project based learning yang layak untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dan komunikasi peserta didik kelas VII; (2) mengetahui peningkatan keterampilan kolaborasi peserta didik yang belajar dengan LKPD IPA; (3) mengetahui peningkatan keterampilan komunikasi peserta didik yang belajar dengan LKPD IPA; (4) mengetahui respon peserta didik terhadap LKPD IPA yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian R & D dengan model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Subjek penelitian adalah 27 peserta didik kelas VII B SMP N 1 Kretek. Instrumen yang dipakai dalam penelitian adalah lembar validasi LKPD IPA, angket respon peserta didik terhadap LKPD IPA, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, angket penilaian diri keterampilan kolaborasi, angket penilaian antarteman keterampilan kolaborasi, lembar observasi keterampilan kolaborasi, dan lembar observasi keterampilan komunikasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kuantitatif untuk menentukan persentase keterlaksanaan pembelajaran, skor data hasil lembar observasi, skor angket penilaian diri dan antarteman, serta respon peserta didik. Data keretampilan kolaborasi dan komunikasi dilakukan uji signifikasi dengan uji U Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) LKPD IPA yang dihasilkan telah layak untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dan komunikasi peserta didik kelas VII; (2) peningkatan keterampilan kolaborasi peserta didik berkategori sedang sebesar 31,54 % dari ?cukup? menjadi ?baik? dengan perbedaan skor sebelum dan sesudah menggunakan LKPD yaitu signifikan dengan nilai signifikasi (Sig.) sebesar 0,000; (3) peningkatan keterampilan komunikasi peserta didik berkategori sedang sebesar 47,96 % dari ?kurang? menjadi ?baik? dengan perbedaan skor sebelum dan sesudah menggunakan LKPD yaitu signifikan, nilai signifikasi (Sig.) sebesar 0,000; (4) LKPD IPA mendapat respon dari peserta didik dengan kategori sangat baik (A). Kata kunci: keterampilan kolaborasi, keterampilan komunikasi, LKPD IPA, project based learning This research aims to (1) produce a reasonable science student worksheet to improve collaboration and communication skills of junior high school student, (2) determine student?s collaboration skills training by studying the worksheet, (3) determine student?s communication skils training by studying the worksheet, (4) determine student?s response after using the worksheet. This research is R & D with 4 D models (Define, Design, Develop, and Disseminate). The subject is 27 VII B?s students of 1 Kretek Junior High School. The instruments used in this research consisted of validation form of science student worksheet, student?s response questionnaire form, form of learning process with project based learning model, self-assesment of collaboration skiils, peer-assesment of collaboration skills, observation sheet of collaboration skills, and observation sheet of communication skills. The data were analyzed using qualitative and quantitative analysis. Quantitative analysis to determine percentage of learning process, observation?s data score of collaboration and communication skills, score of self-assesment and peer-assesment?s data, and percentage of student?s response questionnaire. U Mann-Whitney test used to analyze data of collaboration and communication skills to determine how significant they were. The result showed that (1) the worksheet that has produced was reasonable to improve collaboration and communication skills of junior high school student; (2) student?s collaboration skills training have moderate categories, it is 31,54% from ?enough? to be ?good? with significantly difference before and after using the worksheet score, by signification value (Sig.) was 0,000; (3) student?s communication skills training have moderate categories, it is 47,96% from ?less? to be ?good? with significantly difference before and after using the worksheet score, by signification value (Sig.) was 0,000; (4) the worksheet got the student?s response with very well categories (A). A1 - Arum Sari, Kartika PB - FMIPA UNY ER -