%0 Thesis %9 S1 %A Nur, Afifah %B Pendidikan Teknik Mekatronika %D 2017 %F UNY:52546 %I Fakultas Teknik %K Bahasa Pemrograman Visual Basic, pembelajaran mobile %T PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE UNTUK PENGENALAN BAHASA PEMROGRAMAN VISUAL BASIC DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN %U http://eprints.uny.ac.id/52546/ %X Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui hasil produk yang ditinjau dari rancang bangun aplikasi media pembelajaran mobile untuk pengenalan Bahasa Pemrograman Visual Basic di SMK dan unjuk kerjanya, (2) mengetahui kelayakan aplikasi, dan (3) mengetahui mutu produk media pembelajaran ditinjau dari hasil belajar pengenalan Bahasa Pemrograman Visual Basic pada kompetensi dasar membuat aplikasi sederhana menggunakan Bahasa Pemrograman Visual Basic. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Develompent (R&D) untuk pembelajaran mobile dengan model pengembangan gabungan antara ADDIE dan model waterfall. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI Teknik Audio Video SMK Ma’arif 1 Wates dan siswa kelas XI Teknik Komputer Jaringan SMKN 2 Pengasih dengan total 56 siswa. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, angket dan tes. Hasil uji validitas dan reliabilitas angket diperoleh nilai koefisien reliabilitas alpha croncbanch 0,859, sedangkan uji validitas dan reliabilitas tes diperoleh koefisien validitas product moment antara 0,306 dan 0,606, serta nilai reliabilitas alpha cronbach sebesar 0,772. Data dianalisis dengan deskriptif, uji wilcoxon dan gain score. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) dihasilkan aplikasi media pembelajaran mobile untuk pengenalan bahasa pemrograman Visual Basic dalam bentuk tutorial yang termasuk kategori “Sangat Baik” (2) kelayakan media pembelajaran mobile ini termasuk kategori “Sangat Layak” menurut ahli materi dan “Layak” menurut ahli media, sedangkan kelayakan ditinjau dari penilaian respon siswa termasuk kategori “Layak”, dan (3) mutu produk ditinjau dari hasil belajar siswa SMK Ma’arif 1 Wates dan SMKN 2 Pengasih diketahui terdapat perbedaan secara signifikan antara nilai pretest dan posttest dengan uji wilcoxon dan termasuk kategori gain score “Sedang” untuk kedua SMK tersebut.