relation: http://eprints.uny.ac.id/52517/ title: EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA DENGAN PENDEKATAN GUIDED DISCOVERY LEARNING PADA MATERI LINGKARAN KELAS VIII SMP NEGERI 1 BUKATEJA DITINJAU DARI MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA creator: Marlufi, Rizqi Nefi creator: Mahmudi, Ali subject: Matematika description: Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas pembelajaran matematika berbantuan software GeoGebra dengan pendekatan guided discovery learning pada materi lingkaran kelas VIII SMP ditinjau dari motivasi dan prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi-experiment (eksperimen semu). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bukateja tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari tujuh kelas. Dari tujuh kelas tersebut dipilih secara acak dua kelas sebagai sampel yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII B sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan pembelajaran berbantuan software GeoGebra dengan pendekatan guided discovery learning, sedangkan kelas kontrol diberikan perlakuan dengan pembelajaran dengan pendekatan guided discovery learning. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes untuk mengukur kemampuan prestasi belajar siswa yang terdiri dari soal pretest dan posttest dan instrumen nontes yang berupa angket motivasi belajar siswa baik sebelum dan setelah perlakuan, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran yang digunakan oleh peneliti. Hasil penelitian ditinjau dari motivasi dan prestasi belajar siswa menunjukkan bahwa: 1) pembelajaran matematika berbantuan software GeoGebra dengan pendekatan guided discovery learning efektif ditinjau dari motivasi belajar siswa. 2) pembelajaran matematika berbantuan software GeoGebra dengan pendekatan guided discovery learning efektif ditinjau dari prestasi belajar siswa. 3) pembelajaran matematika dengan pendekatan guided discovery learning efektif ditinjau dari motivasi belajar siswa. 4) pembelajaran matematika dengan pendekatan guided discovery learning efektif ditinjau dari prestasi belajar siswa. 5) pembelajaran matematika berbantuan software GeoGebra dengan pendekatan guided discovery learning lebih efektif dari pembelajaran matematika dengan pendekatan guided discovery learning ditinjau dari motivasi belajar siswa. 6) pembelajaran matematika berbantuan software GeoGebra dengan pendekatan guided discovery learning lebih efektif dari pembelajaran matematika dengan pendekatan guided discovery learning ditinjau dari prestasi belajar siswa. date: 2017-06-20 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/52517/1/ABSTRAK.docx format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/52517/2/0.%20HALAMAN%20AWAL.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/52517/3/1.%20BAB%20I.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/52517/4/2.%20BAB%20II.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/52517/5/3.%20BAB%20III.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/52517/6/4.%20BAB%20IV.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/52517/7/5.%20BAB%20V.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/52517/8/6.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/52517/9/7.%20LAMPIRAN.pdf identifier: Marlufi, Rizqi Nefi and Mahmudi, Ali (2017) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA DENGAN PENDEKATAN GUIDED DISCOVERY LEARNING PADA MATERI LINGKARAN KELAS VIII SMP NEGERI 1 BUKATEJA DITINJAU DARI MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA. S1 thesis, UNY.