TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/52501/ AV - restricted TI - PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA BERKESULITAN MEMBACA (DISLEKSIA) KELAS III DI SD NEGERI BANGUNREJO II KRICAK TEGALREJO YOGYAKARTA ID - UNY52501 M1 - skripsi PB - Universitas Negeri Yogyakarta A1 - Arifah, Hanif Nurul N2 - Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media berupa multimedia pembelajaran interaktif untuk keterampilan membaca permulaan yang layak bagi anak berkesulitan membaca (disleksia) kelas III di SD Negeri Bangunrejo 2. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan (R&D) menurut Borg dan Gall. Langkah yang ditempuh meliputi analisis potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk. Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Bangunrejo 2, pelaksanaan uji coba melalui 2 tahap yaitu uji coba produk yang melibatkan 2 subjek, dan uji coba pemakaian yang melibatkan 3 subjek. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Analisis data menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif untuk keterampilan membaca permulaan bagi anak berkesulitan membaca (disleksia) dinyatakan layak. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil penilaian ahli media memperoleh rata-rata skor 3,27 kategori layak, penilaian ahli materi 1 memperoleh rata-rata skor 3,88 kategori layak, penilaian ahli materi 2 memperoleh rata-rata skor 3,61 kategori layak, uji coba produk memperoleh skor rata-rata 0,92 kategori layak dan pada uji coba pemakaian memperoleh skor rata-rata 1 kategori layak. Hasil keseluruhan uji coba multimedia pembelajaran interaktif tersebut adalah layak. Y1 - 2017/07/30/ ER -