TY - RPRT UR - http://eprints.uny.ac.id/52493/ M1 - project_report AV - public TI - LAPORAN KEGIATAN INDIVIDU KULIAH KERJA NYATA DAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (KKN-PPL) DI SMA TARAKANITA MAGELANG Y1 - 2013/// A1 - Chafid Rosyidi, Chafid Rosyidi PB - LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta ID - UNY52493 N2 - Tujuan kegiatan PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) adalah sebagai wahana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang professional. Sedangkan misi dari kegiatan PPL adalah : 1) menyiapkan dan menghasilkan calon guru atau tenaga kependidikan yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan profesional; 2) mengintegrasikan dan mengimplementasikan ilmu yang telah di kuasainya ke dalam praktik keguruan dan atau praktik kependidikan; memantapkan kemitraan UNY dan sekolah serta lembaga pendidikan; serta 4) mengkaji dan mengembangkan praktik keguruan dan praktik kependidikan. Praktik Pengalaman Lapangan di SMA Tarakanita Magelang di mulai sejak tanggal 15 Juli 2013 (tahun ajaran baru 2013/2014). Sebelum melakukan PPL, mahasiswa mengadakan observasi terhadap kegiatan pembelajaran yang ada di SMA Tarakanita. Observasi tersebut dilaksanakan pada tanggal 28 Juni 2013. Selain mengadakan observasi terhadap pembelajaran di dalam kelas, mahasiswa juga berusaha mencari informasi dari guru mata pelajaran penjasorkes mengenai kondisi dan potensi siswa, fasilitas pendukung dalam KBM, dan juga faktor penghambat yang sering ditemui ketika KBM berlangsung. Dari hasil observasi tersebut, mahasiswa melakukan konsultasi terhadap dosen pembimbing mikro untuk kemudian ditindak lanjuti dengan membuat RPP dan program kerja yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan sekolah. Pada kegiatan PPL ini, praktikan mendapat tugas untuk mengajar kelas X, dan XI. Adapun program kerja yang dilakukan oleh praktikan untuk mendukung kegiatan pembelajaran adalah; 1) pengadaan jaring basket 2) pngecatan garis lapangan bola basket yang sudah memudar 3) pengadaan papan score. Dari keseluruhan program, hampir semua terlaksana dengan baik. Dalam kegiatan PPL, praktikan telah melakukan praktik mengajar sebanyak 20 kali tatap muka dengan pembuatan siabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) serta mempelajari materi yang akan diajarkan kepada peserta didik dalam proses pembelajaran. ER -