<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN\r\nMETODE INKUIRI TERBIMBING PADA SISWA\r\nKELAS IV SD SUNGGINGSARI PARAKAN\r\nTEMANGGUNG"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik\r\ndalam pembelajaran IPA dengan menggunakan metode Inkuiri Terbimbing di\r\nkelas IV SD Sunggingsari Parakan Temanggung.\r\nPenelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek\r\npenelitian adalah peserta didik kelas IV SD Sunggingsari kecamatan Parakan\r\nkabupaten Temanggung yang berjumlah 22 anak. Penelitian terdiri dari pra siklus,\r\nsiklus I, dan siklus II. Pra siklus terdiri atas 2 pertemuan, siklus pertama terdiri\r\natas 2 pertemuan, dan siklus kedua terdiri atas 2 pertemuan. Metode pengumpulan\r\ndata menggunakan observasi, dan tes tertulis. Teknik analisis data menggunakan\r\nanalisis deskriptif kuantitatif analisis komparatif.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa untuk meningkatkan hasil belajar\r\npeserta didik dalam pembelajaran IPA di kelas IV SD Sunggingsari adalah dengan\r\nmenggunakan metode inkuiri terbimbing. Penggunaan metode inkuiri terbimbing\r\ndapat meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik kelas IV SD Sunggingsari\r\nParakan Temanggung. Hal tersebut ditunjukkan dari terjadinya peningkatan\r\nketuntasan belajar peserta didik pada keadaan awal peserta didik sebanyak 4\r\npeserta didik (18,18%), pada siklus I sebanyak 12 peserta didik (54,54%), dan\r\npada siklus II sebanyak 22 peserta didik (100,00%). Perencanaan perbaikan pada\r\nsiklus II yaitu (1) pada langkah merumuskan hipotesis, guru memberi waktu pada\r\npeserta didik untuk merumuskan jawaban sementara atas permasalahan uang\r\ndiajukan guru, sehingga peserta didik terdorong untuk mengajukan jawaban\r\nsementara dengan percaya diri; (2) pada langkah mengumpulkan data, guru\r\nmemformat tempat duduk dengan posisi guru berada ditengah-tengah diantara\r\nkelompok peserta didik pada pertemuan pertama dan pada pertemuan kedua, guru\r\nmembagi menjadi empat kelompok dan sebagian kelompok berada di luar kelas;\r\n(3) pada langkah menguji hipotesis, guru memerintah peserta didik agar setiap\r\nkelompok mempersiapkan perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil\r\npercobaanya. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II diperoleh capaian nilai\r\nrata-rata pada pra siklus ke siklus I memiliki nilai mean sebesar 53,64; Capaian\r\nnilai rata-rata pada pra siklus ke siklus II memiliki nilai mean sebesar 68,64; dan\r\ncapaian nilai rata-rata pada siklus I ke siklus II memiliki nilai mean sebesar 86,36."^^ . "2017-07-30" . . . "Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . "Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . . . . . . . "Firda"^^ . "Amalia"^^ . "Firda Amalia"^^ . . . . . . "MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN\r\nMETODE INKUIRI TERBIMBING PADA SISWA\r\nKELAS IV SD SUNGGINGSARI PARAKAN\r\nTEMANGGUNG (Text)"^^ . . . "MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN\r\nMETODE INKUIRI TERBIMBING PADA SISWA\r\nKELAS IV SD SUNGGINGSARI PARAKAN\r\nTEMANGGUNG (Other)"^^ . . . . . . "MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN\r\nMETODE INKUIRI TERBIMBING PADA SISWA\r\nKELAS IV SD SUNGGINGSARI PARAKAN\r\nTEMANGGUNG (Other)"^^ . . . . . . "MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN\r\nMETODE INKUIRI TERBIMBING PADA SISWA\r\nKELAS IV SD SUNGGINGSARI PARAKAN\r\nTEMANGGUNG (Other)"^^ . . . . . . "MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN\r\nMETODE INKUIRI TERBIMBING PADA SISWA\r\nKELAS IV SD SUNGGINGSARI PARAKAN\r\nTEMANGGUNG (Other)"^^ . . . . . . "MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN\r\nMETODE INKUIRI TERBIMBING PADA SISWA\r\nKELAS IV SD SUNGGINGSARI PARAKAN\r\nTEMANGGUNG (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #52485 \n\nMENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN \nMETODE INKUIRI TERBIMBING PADA SISWA \nKELAS IV SD SUNGGINGSARI PARAKAN \nTEMANGGUNG\n\n" . "text/html" . . . "Kurikulum dan Teknologi Pendidikan"@en . .