%0 Thesis %9 S1 %A Cahyono, Agus %B Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2017 %F UNY:52477 %I Universitas Negeri Yogyakarta %T MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MENGGUNAKAN MEDIA BELAJAR ULAR TANGGA DI TAMAN KANAK – KANAK DHARMA WANITA 2 JRAGAN TEMBARAK TEMANGGUNG %U http://eprints.uny.ac.id/52477/ %X Pembelajaran anak TK menggunakan benda konkrit dan menyenangkan. Pembelajaran yang menyenangkan salah satunya dengan menggunakan media. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung menggunakan media ular tangga di TK Dharma Wanita 2 Jragan Kabupaten Temanggung. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Dharma Wanita 2 Jragan Kabupaten Temanggung. Objek penelitian ini berupa kemampuan berhitung anak meliputi mengurutkan angka, mencocokan, penjumlahan, dan pengurangan. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (Classroom Action Reserch). Instrument penelitian yang digunakan adalah melalui pedoman dengan instrument test. Analisis data hasil penelitian menggunakan analisis statistik deskriptif. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Dharma Wanita 2 Jragan Kabupaten Temanggung yang berjumlah 25 anak. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan kemampuan berhitung dari pretest, siklus I, dan siklus II. Hasil penilaian pretest jumlah nilai 144 dengan presentase 57,6% meningkat menjadi 173 dengan presentase 69,2% pada siklus I, kemudian pada siklus II lebih meningkat dengan jumlah 220 dengan presentase 88,4%. Berdasarkan hasil tersebut, maka penelitian telah berhasil mencapai indikator yang ditentukan yaitu ≥80%, sehingga dapat dikatakan kemampuan berhitung anak kelompok B TK Dharma Wanita 2 Jragan Kabupaten Temanggung dapat ditingkatkan menggunakan media belajar ular tangga.