TY - RPRT N2 - PraktikPengalamanLapangan (PPL) sinergisdenganKuliahKerjaNyata (KKN) yang dilaksanakan padaTahun 2013padaTanggal 2Juli hingga 15 September. Tujuandiadakannyaserangkaiankegiatan PPL di sekolahmerupakansebuahusahapembaharuandanpeningkatan di bidangkeguruan yang dilakukanolehUniversitasNegeri Yogyakarta untukmendukungkompetensicalon guru yang profesional.Di sampingitu program PPL diharapkanmampumeningkatkankemampuandanwawasanmahasiswacalon guru sehinggalebihsiapdantangguhdalampenyeleseianberbagaipermasalahankependidikan, sertamerupakansalahsatubentukpelaksanaan Tri DarmaPerguruanTinggi, yaknipengabdianpadamasyarakatsekolah. Sebelummelakukankegiatan PPL, mahasiswapraktikanharusmenempuhserangkaianprosedur yang berlakuterlebihdahulu, yaitu: harus lulus matakuliahwajibMicro Teaching(PengajaranMikro), observasilapangan, observasikelas, observasilingkungan, sertamengikutipembekalan yang diadakanjurusanmasing-masingmahasiswa. Sedangkantahapakhirdarikegiatan PPL merupakanpenyusunanLaporanKegiatan PPL mulaidaripersiapan (observasi) sampaievaluasi.Secaraumum, siswa-siswi SMK N 1 Sedayumemilikisemangatbelajar yang cukuptinggi.KegiatanBelajarMengajar (KBM) berlangsung di dalamkelasdanLaboratorium Komputer.Dalamhalinipraktikanmemperolehkesempatanmengajar di kelas XTGBdanXII TGB. KBM berjalanlancar, walaupunsesekaliterdapatkendaladalammengatasisiswa yang cenderungsulit di aturdanramaisendiri. Berkatupayakerjasama yang baikantaramahasiswapraktikan, dosenpembimbing, guru pembimbing, karyawan, siswa, sertateman-teman KKN-PPL keseluruhankegiatan yang dilaksanakanselama PPL iniberlangsungdandapatberjalandenganlancar.Semua program yang direncanakandapatdilaksanakandenganbaikdantepatpadawaktunyayaitusebelum proses penarikanmasa PPL dilaksanakan. Y1 - 2013/// PB - LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta A1 - Didik Pramono, Didik Pramono ID - UNY52437 M1 - project_report AV - public TI - LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN FAKULTAS TEKNIK UNY LOKASI SMK N 1 Sedayu UR - http://eprints.uny.ac.id/52437/ ER -