%0 Thesis %9 S2 %A Lestari, Wahyu Putri %B Program Pascasarjana %D 2017 %F UNY:52425 %I UNY %K Pengembangan Modul, Potensi Lokal ekogeoheritage GAP Nglanggeran, SETS, Literasi Sains, Sikap Peduli Lingkungan. %T Pengembangan Modul Berbasis Ekogeoheritage Gunung Api Purba Nglanggeran dengan Pendekatan SETS untuk Mengembangkan Literasi Sains dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas X di SMA DIY. %U http://eprints.uny.ac.id/52425/ %X Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan modul pembelajaran biologi berbasis potensi lokal ecogeoheritage GAP Nglanggeran, (2) menguji kelayakan dan keefektifan modul berbasis ekogeoheritage GAP Nglanggeran dengan pendekatan SETS untuk mengembangkan scientific literacy dan sikap peduli lingkungan. Penelitian pengembangan ini mengacu langkah yang dikembangkan oleh Brog dan Gall. Uji coba lapangan diambil berdasarkan kategori sekolah level sedang, yaitu SMA N 1 Semanu dan SMA N 1 Patuk. Subjek uji coba lapangan pada kelas ekperimen terdiri dari 55 peserta didik dan kelas kontrol terdiri dari 53 peserta didik. Instrumen pengumpulan data menggunakan, (1) lembar penilaian modul, (2) lembar penilaian silabus dan RPP, (3) angket respon siswa terhadap modul, (4) lembar soal, (5) angket sikap peduli lingkungan, (6) wawancara tidak terstruktur, (7) dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan gain dan uji multivariate dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menujukkan bahwa: (1) modul yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran, (2) Rerata peningkatan literasi sains pada peserta didik dengan kemampuan awal rendah dan sedang lebih baik dari pada peserta didik yang memiliki kemampuan awal tinggi, (3) sikap peduli lingkungan peserta didik terdiri dari 3 aspek, dengan kriteria perhatian terhadap lingkungan diikuti perilaku dalam mejaga kebersihan lingkungan rata-rata persentasenya terbilang baik, sedangkan partisipasi peserta didik tergolong masih dalam kriteria cukup, dan (4) hasil analisis MANOVA menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar literasi sains dan sikap peduli lingkungan yang diakibatkan oleh perbedaan media pembelajaran dilihat dari harga Pillae Trace, Wilk Lambda, Hotelling Trace, Roy’s Largest Root memiliki signifikansi yang lebih kecil dari 0,05.