eprintid: 52416 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 9 dir: disk0/00/05/24/16 datestamp: 2017-08-25 02:45:15 lastmod: 2019-01-30 14:57:25 status_changed: 2017-08-25 02:45:15 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Kusumaningrum, Defy creators_name: Sahid, Sahid title: PERBANDINGAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BANGUN RUANG SISI DATAR DENGAN PENDEKATAN GUIDED DISCOVERY ANTARA YANG BERBANTUAN GEOGEBRA DAN YANG BERBANTUAN ALAT PERAGA SEDERHANA DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SIKAP TERHADAP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MUNTILAN ispublished: pub subjects: F4 divisions: fmipa_jurdik_math_pend_math full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan keefektifan pembelajaran bangun ruang sisi datar dengan pendekatan guided discovery berbantuan GeoGebra dan pembelajaran dengan pendekatan guided discovery berbantuan alat peraga sederhana. Penelitian ini merupakan quasi experiment dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Muntilan tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 7 kelas. Sampel yang terpilih adalah kelas VIII C yang mendapatkan perlakuan pembelajaran dengan pendekatan guided discovery berbantuan GeoGebra, dan kelas VIII A yang mendapat perlakuan pembelajaran dengan pendekatan guided discovery berbantuan alat peraga sederhana. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah, angket sikap terhadap matematika, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pembelajaran bangun ruang sisi datar dengan bantuan GeoGebra efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah, 2) pembelajaran bangun ruang sisi datar dengan bantuan GeoGebra efektif ditinjau dari sikap terhadap matematika, 3) pembelajaran bangun ruang sisi datar dengan bantuan alat peraga sederhana tidak efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah, 4) pembelajaran bangun ruang sisi datar dengan alat peraga sederhana efektif ditinjau dari sikap terhadap matematika, 5) pembelajaran bangun ruang sisi datar dengan bantuan GeoGebra lebih efektif dibanding pembelajaran bangun ruang sisi datar dengan bantuan alat peraga sederhana ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah, 6) pembelajaran bangun ruang sisi datar berbantuan GeoGebra sama efektifnya dengan pembelajaran bangun ruang sisi datar berbantuan alat peraga sederhana ditinjau dari sikap terhadap matematika. Keyword : GeoGebra, alat peraga, guided discovery date: 2017-07-21 date_type: published institution: UNY department: Jurusan Pendidikan Matematika thesis_type: skripsi citation: Kusumaningrum, Defy and Sahid, Sahid (2017) PERBANDINGAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BANGUN RUANG SISI DATAR DENGAN PENDEKATAN GUIDED DISCOVERY ANTARA YANG BERBANTUAN GEOGEBRA DAN YANG BERBANTUAN ALAT PERAGA SEDERHANA DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SIKAP TERHADAP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MUNTILAN. S1 thesis, UNY. document_url: http://eprints.uny.ac.id/52416/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/52416/2/BAB%20I%20PENDAHULUAN.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/52416/3/BAB%20II%20KAJIAN%20PUSTAKA.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/52416/4/BAB%20III%20METODE%20PENELITIAN.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/52416/5/BAB%20IV%20PEMBAHASAN.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/52416/6/BAB%20V%20KESIMPULAN%20DAN%20SARAN.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/52416/6/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/52416/7/LAMPIRAN.pdf