TY - RPRT Y1 - 2013/// PB - LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta ID - UNY52415 TI - LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMA NEGERI 1 PIYUNGAN M1 - project_report AV - public A1 - RIZQI HAQSARI, RIZQI HAQSARI N2 - Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Dalam hal ini Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) digunakan sebagai bekal mahasiswa kependidikan untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional. Dalam kegiatan PPL ini mahasiswa dapat dalam menerapkan ilmu pengetahuan yang telah diperoleh dan dikembangkan kepada masyarakat, terutama masyarakat sekolah bagi mahasiswa program pendidikan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) mempunyai misi yakni menyiapkan dan menghasilkan calon guru atau tenaga kependidikan yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan professional; mengintegrasikan dan mengimplementasikan ilmu yang telah dikuasainya ke dalam praktik keguruan dan atau praktik kependidikan, memantapkan kemitraan UNY dan sekolah serta lembaga pendidikan, mengkaji dan mengembangkan praktik keguruan dan praktik kependidikan. Praktek Pengalaman Lapangan telah dilaksanakan di SMA Negeri 1 Piyungan dari tanggal 1 Juli hingga 17 September 2012. Sebelum diterjunkan ke lokasi sekolah, UNY membuat berbagai program persiapan sebagai bekal mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan PPL yang berupa pembelajaran mikro, pembekalan PPL, observasi pembelajaran di kelas dan membuat rencana pembelajaran. Sementara dalam pelaksanaannya meliputi pembuatan RPP, praktik mengajar, pembuatan soal, analisis butir soal, evaluasi serta kegiatan lainnya yang diselenggarakan di sekolah. Praktik mengajar dimulai dari tanggal 26 Juli sampai 16 September 2013, dilakukan sebanyak 10 kali pertemuan di kelas XI IPA 1, XI IPA 2, XI IPA 3, XI IPS 1, dan XI IPS 2. Pokok bahasan yang diajarkan meliputi menggunakan internet untuk keperluan informasi dan komunikasi tentang perangkat keras dan fungsinya untuk akses internet serta cara akses internet. Metode yang digunakan adalah ceramah bervariasi, tanya jawab, diskusi, penugasan, demostrasi, dan praktik. Media yang digunakan adalah spidol, white board, LCD, komputer. Evaluasi dilaksanakan 1 kali untuk kelas XI IPA 1, XI IPA 2, XI IPA 3, XI IPS 1, dan XI IPS 2 tentang materi perangkat keras dan fungsinya untuk keperluan akses internet. Hambatan yang ditemui praktikan dalam melaksanakan PPL adalah: 1. Dari praktikan, kurang menguasai kelas, waktu yang kurang untuk menyampaikan materi, 2. Dari siswa, ketidakaktifan siswa dalam proses belajar mengajar, belum terbiasa dengan metode diskusi sehingga sangat sulit mengkondisikan siswa, banyak siswa yang ngobrol sendiri saat dijelaskan. Usaha untuk mengatasi kesulitan dan permasalahan dalam pelakasanaan PPL adalah dengan selalu melakukan konsultasi dengan guru pembimbing untuk menyamakan persepsi tentang materi yang diajarkan dan untuk mendapat masukan, saran dan bimbingan dalam pelaksanaan praktik mengajar untuk mendapatkan hasil sebaik-baiknya. Dengan pelaksanaan PPL ini mahasiswa mendapat banyak pengalaman dan pengetahuan dalam hal kependidikan yang berguna di kemudian hari. Penulis berharap supaya hubungan kerjasama antara sekolah dengan UPPL UNY dan praktikan tetap terjaga dengan baik meskipun kegiatan PPL telah berakhir. UR - http://eprints.uny.ac.id/52415/ ER -