?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.relation=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F52415%2F&rft.title=LAPORAN+INDIVIDU%0D%0APRAKTIK+PENGALAMAN+LAPANGAN+(PPL)%0D%0AUNIVERSITAS+NEGERI+YOGYAKARTA%0D%0ADI%0D%0ASMA+NEGERI+1+PIYUNGAN&rft.creator=RIZQI+HAQSARI%2C+RIZQI+HAQSARI&rft.subject=LPPMP&rft.description=Praktik+Pengalaman+Lapangan+(PPL)+merupakan+mata+kuliah+yang+wajib+ditempuh+oleh+setiap+mahasiswa+kependidikan+di+Universitas+Negeri+Yogyakarta.+Dalam+hal+ini+Praktik+Pengalaman+Lapangan+(PPL)+digunakan+sebagai+bekal+mahasiswa+kependidikan+untuk+menjadi+tenaga+pendidik+yang+profesional.+Dalam+kegiatan+PPL+ini+mahasiswa+dapat+dalam+menerapkan+ilmu+pengetahuan+yang+telah+diperoleh+dan+dikembangkan+kepada+masyarakat%2C+terutama+masyarakat+sekolah+bagi+mahasiswa+program+pendidikan.+Praktik+Pengalaman+Lapangan+(PPL)+mempunyai+misi+yakni+menyiapkan+dan+menghasilkan+calon+guru+atau+tenaga+kependidikan+yang+memiliki+nilai%2C+sikap%2C+pengetahuan%2C+dan+keterampilan+professional%3B+mengintegrasikan+dan+mengimplementasikan+ilmu+yang+telah+dikuasainya+ke+dalam+praktik+keguruan+dan+atau+praktik+kependidikan%2C+memantapkan+kemitraan+UNY+dan+sekolah+serta+lembaga+pendidikan%2C+mengkaji+dan+mengembangkan+praktik+keguruan+dan+praktik+kependidikan.%0D%0APraktek+Pengalaman+Lapangan+telah+dilaksanakan+di+SMA+Negeri+1+Piyungan+dari+tanggal+1+Juli+hingga+17+September+2012.+Sebelum+diterjunkan+ke+lokasi+sekolah%2C+UNY+membuat+berbagai+program+persiapan+sebagai+bekal+mahasiswa+dalam+melaksanakan+kegiatan+PPL+yang+berupa+pembelajaran+mikro%2C+pembekalan+PPL%2C+observasi+pembelajaran+di+kelas+dan+membuat+rencana+pembelajaran.+Sementara+dalam+pelaksanaannya+meliputi+pembuatan+RPP%2C+praktik+mengajar%2C+pembuatan+soal%2C+analisis+butir+soal%2C+evaluasi+serta+kegiatan+lainnya+yang+diselenggarakan+di+sekolah.+Praktik+mengajar+dimulai+dari+tanggal+26+Juli+sampai+16+September+2013%2C+dilakukan+sebanyak+10+kali+pertemuan+di+kelas+XI+IPA+1%2C+XI+IPA+2%2C+XI+IPA+3%2C+XI+IPS+1%2C+dan+XI+IPS+2.+Pokok+bahasan+yang+diajarkan+meliputi+menggunakan+internet+untuk+keperluan+informasi+dan+komunikasi+tentang+perangkat+keras+dan+fungsinya+untuk+akses+internet+serta+cara+akses+internet.+Metode+yang+digunakan+adalah+ceramah+bervariasi%2C+tanya+jawab%2C+diskusi%2C+penugasan%2C+demostrasi%2C+dan+praktik.+Media+yang+digunakan+adalah+spidol%2C+white+board%2C+LCD%2C+komputer.+Evaluasi+dilaksanakan+1+kali+untuk+kelas+XI+IPA+1%2C+XI+IPA+2%2C+XI+IPA+3%2C+XI+IPS+1%2C+dan+XI+IPS+2+tentang+materi+perangkat+keras+dan+fungsinya+untuk+keperluan+akses+internet.+Hambatan+yang+ditemui+praktikan+dalam+melaksanakan+PPL+adalah%3A+1.+Dari+praktikan%2C+kurang+menguasai+kelas%2C+waktu+yang+kurang+untuk+menyampaikan+materi%2C+2.+Dari+siswa%2C+ketidakaktifan+siswa+dalam+proses+belajar+mengajar%2C+belum+terbiasa+dengan+metode+diskusi+sehingga+sangat+sulit+mengkondisikan+siswa%2C+banyak+siswa+yang+ngobrol+sendiri+saat+dijelaskan.+Usaha+untuk+mengatasi+kesulitan+dan+permasalahan+dalam+pelakasanaan+PPL+adalah+dengan+selalu+melakukan+konsultasi+dengan+guru+pembimbing+untuk+menyamakan+persepsi+tentang+materi+yang+diajarkan+dan+untuk+mendapat+masukan%2C+saran+dan+bimbingan+dalam+pelaksanaan+praktik+mengajar+untuk+mendapatkan+hasil+sebaik-baiknya.%0D%0ADengan+pelaksanaan+PPL+ini+mahasiswa+mendapat+banyak+pengalaman+dan+pengetahuan+dalam+hal+kependidikan+yang+berguna+di+kemudian+hari.+Penulis+berharap+supaya+hubungan+kerjasama+antara+sekolah+dengan+UPPL+UNY+dan+praktikan+tetap+terjaga+dengan+baik+meskipun+kegiatan+PPL+telah+berakhir.&rft.publisher=LPPMP%2C+Universitas+Negeri+Yogyakarta&rft.date=2013&rft.type=Monograph&rft.type=PeerReviewed&rft.format=text&rft.language=en&rft.identifier=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F52415%2F1%2FLaporan%2520PPL_Rizqi%2520Haqsari_10520244038.pdf&rft.format=text&rft.language=en&rft.identifier=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F52415%2F2%2F1.%2520Format%2520Observasi%2520Kelas.pdf&rft.format=text&rft.language=en&rft.identifier=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F52415%2F3%2F2.%2520Format%2520Observasi%2520Sekolah.pdf&rft.format=text&rft.language=en&rft.identifier=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F52415%2F4%2F3.%2520Matriks%2520Kerja%2520KKN-PPL%2520Individu.pdf&rft.format=text&rft.language=en&rft.identifier=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F52415%2F5%2F4.%2520Silabus%2520TIK%2520SMA%2520XI%2520smt%25201.pdf&rft.format=text&rft.language=en&rft.identifier=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F52415%2F6%2F5.%2520Agenda%2520Mengajar.pdf&rft.format=text&rft.language=en&rft.identifier=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F52415%2F7%2F6.%2520RPP1.pdf&rft.format=text&rft.language=en&rft.identifier=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F52415%2F8%2F7.%2520RPP2.pdf&rft.format=text&rft.language=en&rft.identifier=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F52415%2F9%2F8.%2520RPP3.pdf&rft.format=text&rft.language=en&rft.identifier=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F52415%2F10%2F9.%2520RPP4.pdf&rft.format=text&rft.language=en&rft.identifier=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F52415%2F11%2F10.%2520Handout1.pdf&rft.format=text&rft.language=en&rft.identifier=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F52415%2F12%2F11.%2520Handout2.pdf&rft.format=text&rft.language=en&rft.identifier=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F52415%2F13%2F12.%2520Handout3.pdf&rft.format=text&rft.language=en&rft.identifier=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F52415%2F14%2F13.%2520Handout4.pdf&rft.format=image&rft.language=en&rft.identifier=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F52415%2F15%2F14.%2520Daftar%2520Hadir%2520Siswa%2520Kelas%2520XI%2520IPA%25201.jpg&rft.format=image&rft.language=en&rft.identifier=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F52415%2F16%2F15.%2520Daftar%2520Hadir%2520Siswa%2520Kelas%2520XI%2520IPA%25202.jpg&rft.format=image&rft.language=en&rft.identifier=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F52415%2F17%2F16.%2520Daftar%2520Hadir%2520Siswa%2520Kelas%2520XI%2520IPA%25203.jpg&rft.format=image&rft.language=en&rft.identifier=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F52415%2F18%2F17.%2520Daftar%2520Hadir%2520Siswa%2520Kelas%2520XI%2520IPS%25201.jpg&rft.format=image&rft.language=en&rft.identifier=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F52415%2F19%2F18.%2520Daftar%2520Hadir%2520Siswa%2520Kelas%2520XI%2520IPS%25202.jpg&rft.format=text&rft.language=en&rft.identifier=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F52415%2F20%2F19.%2520Soal%2520Ulangan%2520Harian%25201%2520TIK%2520Kelas%2520XI.pdf&rft.format=image&rft.language=en&rft.identifier=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F52415%2F21%2F20.%2520Daftar%2520Nilai%2520Siswa%2520Kelas%2520XI%2520IPA%25201.jpg&rft.format=image&rft.language=en&rft.identifier=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F52415%2F22%2F21.%2520Daftar%2520Nilai%2520Siswa%2520Kelas%2520XI%2520IPA%25202.jpg&rft.format=image&rft.language=en&rft.identifier=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F52415%2F23%2F22.%2520Daftar%2520Nilai%2520Siswa%2520Kelas%2520XI%2520IPA%25203.jpg&rft.format=image&rft.language=en&rft.identifier=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F52415%2F24%2F23.%2520Daftar%2520Nilai%2520Siswa%2520Kelas%2520XI%2520IPS%25201.jpg&rft.format=image&rft.language=en&rft.identifier=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F52415%2F25%2F24.%2520Daftar%2520Nilai%2520Siswa%2520Kelas%2520XI%2520IPS%25202.jpg&rft.format=text&rft.language=en&rft.identifier=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F52415%2F26%2F28.%2520Laporan%2520Mingguan.pdf&rft.format=image&rft.language=en&rft.identifier=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F52415%2F27%2F29.%2520Kartu%2520Bimbingan%2520PPL.jpg&rft.identifier=++RIZQI+HAQSARI%2C+RIZQI+HAQSARI++(2013)+LAPORAN+INDIVIDU+PRAKTIK+PENGALAMAN+LAPANGAN+(PPL)+UNIVERSITAS+NEGERI+YOGYAKARTA+DI+SMA+NEGERI+1+PIYUNGAN.++Project+Report.+LPPMP%2C+Universitas+Negeri+Yogyakarta.+++++