%I UNY %A Yustina Bangun Restu Widanti %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ragam, frekuensi, dan kategori keterampilan proses sains pada LKS Biologi SMA Negeri kelas X berdasarkan kurikulum 2013 di Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian analisis isi (content analysis) dengan cara mengidentifikasi ragam keterampilan proses sains yang dikembangkan dalam LKS. Tiap ragam keterampilan proses sains yang muncul dianalisis berdasarkan pernyataan dalam instrumen penelitian. Sampel dalam penelitian ini adalah 40 LKS Biologi kelas X semester 1 yang disusun dan digunakan oleh guru di 8 SMA Negeri Kota Yogyakarta yang menerapkan kurikulum 2013 pada tahun ajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel dengan metode total sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian yaitu lembar observasi analisis isi LKS yang dimodifikasi dari model instrumen yang dikembangkan oleh Rezba, et al. (2007: 27), oleh tiga orang panelis yang telah memenuhi syarat. Analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa keseluruhan ragam keterampilan proses sains sudah dikembangkan dalam LKS, kecuali keterampilan proses sains membuat grafik, mendeskripsikan hubungan antar variabel, menyusun hipotesis dan menetapkan variabel operasional. Frekuensi keterampilan proses sains yang sering muncul dalam LKS yaitu mengamati, mengkomunikasi, mengklasifikasi, mengumpulkan dan mengolah data, serta melakukan percobaan. Kategori keterampilan proses sains pada LKS lebih banyak mengembangkan keterampilan proses sains dasar. %T IDENTIFIKASI RAGAM KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BIOLOGI SMA NEGERI KELAS X BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI KOTA YOGYAKARTA %D 2017 %L UNY52357 %K Biologi, Keterampilan Proses Sains, Lembar Kegiatan Siswa