%0 Thesis %9 S1 %A Ahmad Fauzan, Yuliarto %B Pendidikan Akuntansi %D 2017 %F UNY:52342 %I Fakultas Ekonomi UNY %K Pembelajaran Kewirausahaan, Praktik Kewirausahaan, Minat Berwirausaha. %T PENGARUH PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DAN PRAKTIK KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 1 KLATEN TAHUN PELAJARAN 2016/2017 %U http://eprints.uny.ac.id/52342/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Klaten Tahun Pelajaran 2016/2017; (2) Pengaruh Praktik Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Klaten Tahun Pelajaran 2016/2017; (3) Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan dan Praktik Kewirausahaan secara bersama-sama terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Klaten Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian kausal komparatif ini menggunakan sampel kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Klaten Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 108 siswa. Uji coba instrumen dilakukan pada 36 responden. Pengumpulan data Pembelajaran Kewirausahaan, Praktik Kewirausahaan, dan Minat Berwirausaha menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis regresi sederhana dan teknik analisis berganda. Sebelum analisis data, terlebih dahulu dilakukan pengujian persyaratan analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan Pembelajaran Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Klaten Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan koefisien korelasi (rx1y) sebesar 0,435 > rtabel 0,159, koefisien determinasi (r2x1y) sebesar 0,189, nilai thitung sebesar 4,974 > ttabel 1,659 dengan nilai signifikansi t sebesar 0,000 dan persamaan garis linier Y=0,415X1+45,045. (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan Praktik Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Klaten Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan koefisien korelasi (rx2y) sebesar 0,632 > rtabel 0,159, koefisien determinasi (r2x2y) sebesar 0,399, nilai thitung sebesar 8,389 > ttabel 1,659 dengan nilai signifikansi t sebesar 0,000 dan persamaan garis linier Y=0,906X2+37,760. (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan Pembelajaran Kewirausahaan dan Praktik Kewirausahaan secara bersama-sama terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Klaten Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan koefisien korelasi (Ry(1,2)) sebesar 0,683; koefisien determinasi R2y(1,2)=0,456, Fhitung sebesar 45,891 > Ftabel 3,08 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan persamaan garis regresi ganda Y=0,259X1+0,791X2+23,398.