%I Fakultas Ekonomi UNY %D 2017 %T PENGARUH ASPIRASI SISWA, LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA, DAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 2 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2016/2017 %L UNY52338 %K Motivasi Belajar Akuntansi, Aspirasi Siswa, Lingkungan Teman Sebaya, Pemanfaatan Sumber Belajar %A Lestari Puji %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Aspirasi Siswa terhadap Motivasi Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 2 Purworejo, (2) Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya terhadap Motivasi Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 2 Purworejo, (3) Pengaruh Pemanfaatan Sumber Belajar terhadap Motivasi Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 2 Purworejo, (4) Pengaruh Aspirasi Siswa, Lingkungan Teman Sebaya, dan Pemanfaatan Sumber Belajar secara bersama-sama terhadap Motivasi Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 2 Purworejo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kausal dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 128 siswa kelas X Akuntansi di SMK Negeri 2 Purworejo Tahun Ajaran 2016/2017. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalah (1) Terdapat pengaruh positif Aspirasi Siswa terhadap Motivasi Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa dengan Y=0,582X1+29,661; koefisien korelasi ) sebesar 0,572; koefisien determinasi ( ) sebesar 0,327; thitung>ttabel (7,281>1,657); (2) Terdapat pengaruh positif Lingkungan Teman Sebaya terhadap Motivasi Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa dengan Y=0,746X2+22,711; koefisien korelasi ( ) sebesar 0,653; koefisien determinasi ( ) sebesar 0,427; thitung>ttabel (9,681>1,657); (3) Terdapat pengaruh positif Pemanfaatan Sumber Belajar terhadap Motivasi Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa dengan Y=0,380X3+45,078; koefisien korelasi ( ) sebesar 0,399; koefisien determinasi ( ) sebesar 0,159; thitung>ttabel (4,886>1,657); (4) Terdapat pengaruh positif Aspirasi Siswa, Lingkungan Teman Sebaya, dan Pemanfaatan Sumber Belajar secara bersama-sama terhadap Motivasi Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa dengan Y=0,246+0,530X2+0,322X3+7,175; koefisien korelasi (Ry(1,2,3)) sebesar 0,759; koefisien determinasi (R2y(1,2,3)) sebesar 0,576; Fhitung>Ftabel (56,111>2,68).