@techreport{UNY52327, type = {Project Report}, year = {2013}, publisher = {LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta}, journal = {Laporan PPL}, institution = {Universitas Negeri Yogyakarta}, title = {LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN KKN-PPL UNY LOKASI SMA ISLAM 1 GAMPING TAHUN 2013 Laporan ini disusun untuk memenuhi tugas akhir Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMA Islam 1 Gamping}, author = {Karlis Karlis}, url = {http://eprints.uny.ac.id/52327/}, abstract = {Kuliah Kerja Nyata (KKN) sebagai wahana pemberdayaan komunitas sekolah melalui proses pendidikan, pembelajaran. Pelatihan, bimbingan dan pendampingan agar mampu mengembangkan kapasitas da kapabilitas dalam mengelola potensi yang ada untuk pengembangan sekolah dan lingkungannnya serta Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) sebagai pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional diselenggarakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta pada tahun 2013 ini dimulai tanggal 1 Juli 2013 sampai dengan 17 September 2013. Berdasarkan hasil observasi ada beberapa hal yang menjadi perhatian dalam melaksanakan KKN-PPL meliputi pembenahan fasilitas dan perlengkapan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar, pengembangan atau pendampingan kegiatan non fisik, pembenahan lingkungan sekolah, penyusunan rancangan pembelajaran satuan pelajaran dan media pembelajaran, praktik pengajaran terbimbing dan mandiri, menerapkan inovasi pembelajaran. Program-program KKN-PPL difokuskan pada komunitas sekolah. Komunitas sekolah mencakup civitas internal sekolah serta masyarakat lingkungan sekolah. Pelaksanaan kegiatan KKN-PPL dimulai dari tahap persiapan, pelaksanaan, evaluasi, dan penyusunan laporan. Secara rinci untuk tahapan KKN meliputi tahap observasi, perencanaan program, penyusunan program, pembuatan proposal, dan pengajuan proposal, dan pelaksanaan program. Sedangkan tahapan PPL meliputi tahap persiapan pengajaran di kelas dan tahap analisis hasil pembelajaran. Secara umum program KKN-PPL ini telah menambah pengalaman yang berharga bagi kemampuan mengajar dan kemampuan manajerial di sekolah yang nantinya menjadi bekal menuju lapangan kerja yang sesungguhnya, yaitu sebagai guru yang profesional serta memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian dan sosial yang tinggi baik sebagai tenaga pengajar sekaligus pendidik sehingga dapat membantu siswa sepenuhnya dalam proses pembelajaran dan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia secara umum. Program KKN maupun program PPL yang dibuat telah terlaksana dan tercapai sesuai dengan target. Secara keseluruhan Program KKN dan PPL dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar} }