%0 Thesis
%9 S1
%A Kusrini, Endah
%A Rizkianto, Ilham
%B Jurusan Pendidikan Matematika
%D 2017
%F UNY:52314
%I UNY
%T PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA  BERBASIS TEORI KECERDASAN MAJEMUK  DAN LEARNING TRAJECTORY YANG BERORIENTASI KEPADA  PEMAHAMAN KONSEP PELUANG SISWA SMP KELAS VIII
%U http://eprints.uny.ac.id/52314/
%X Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran  matematika berbasis teori kecerdasan majemuk dan learning trajectory yang  berorientasi kepada pemahaman konsep peluang siswa SMP kelas VIII. Penelitian  ini juga mendeskripsikan kualitas perangkat pembelajaran ditinjau dari aspek  kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Perangkat pembelajaran yang  dikembangkan meliputi RPP dan LKS dengan menekankan pada pemberian  fasilitas yang beragam kepada siswa, misalnya melalui variasi aktifitas  pembelajaran, konteks, dan ilustrasi, serta dengan menekankan pula pada  pemberian dugaan alur berfikir siswa dan alternatif respon guru sehingga dapat  membantu guru dalam menangani kesulitan yang dihadapi siswa dalam belajar.  Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menerapkan  model pengembangan ADDIE, yang meliputi Analysis, Design, Development,  Implementation, dan Evaluations. Instrumen yang digunakan meliputi lembar  penilaian perangkat pembelajaran untuk mengetahui kevalidan perangkat yang  dikembangkan, angket respon siswa dan lembar observasi keterlaksanaan  pembelajaran untuk mengetahui kepraktisan, serta tes pemahaman konsep untuk  mengetahui keefektifan perangkat yang dikembangkan. Perangkat dikatakan valid  dan praktis jika minimal memenuhi kriteria baik. Sedangkan perangkat dikatakan  efektif jika lebih dari 70% siswa mempunyai pemahaman konsep minimal pada  kategori tinggi. Perangkat pembelajaran diimplementasikan di kelas VIII E SMP N  1 Prambanan pada 15 April 2017 sampai 13 Mei 2017.  Penelitian ini menghasilkan RPP dan LKS berbasis teori kecerdasan majemuk  dan learning trajectory. RPP memenuhi kriteria valid dengan perolehan skor  penilaian 3,99 dari skor maksimal 5. Sedangkan LKS memenuhi kriteria valid  dengan perolehan skor sebesar 4,09 dari skor maksimal 5. Perangkat pembelajaran  juga memenuhi kriteria praktis dengan perolehan skor angket respon siswa sebesar  3,47 dari skor maksimal 5 dan persentase keterlaksanaan pembelajaran mencapai  86,84%. Sedangkan berdasarkan hasil tes, banyaknya siswa yang mempunyai  pemahaman konsep minimal pada kategori tinggi sebesar 86,11%. Berdasarkan uji  z pada taraf nyata 0,05 dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang  dikembangkan efektif ditinjau dari pemahaman konsep siswa.  Kata Kunci: perangkat pembelajaran, teori kecerdasan majemuk, leraning  trajectory, pemahaman konsep, peluang