%0 Report %9 Project Report %A Intan Setyawati, Intan Setyawati %A Feri Dwi Jayanti, Feri Dwi Jayanti %D 2013 %F UNY:52311 %I Universitas Negeri Yogyakarta %T LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIT LOKASI SMP N 1 KLATEN %U http://eprints.uny.ac.id/52311/ %X Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang memberikan pengalaman mengajar nyata bagi mahasiswadengan cara bersentuhan langsung dengan siswa di lapangan. Salah satu lokasi yang ditunjuk oleh Universitas Negeri Yogyakarta adalah SMP N 1 Klaten yang berlokasi di Jl. Wahidin Sudiro Husodo, No 20. Klaten Utara. Kegiatan PPL merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa sebagai wujud pengabdian mahasiswa kepada sekolah atau lembaga masyarakat sekaligus untuk menerapakan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimiliki oleh mahasiswa. Kegiatan yang dilakukan adalah observasi lingkungan pembelajaran dan lingkungan fisik sekolah, persiapan mengajar pembuatan rencana pembelajaran, kegiatan praktik mengajar, pembuatan media pembelajaran, evaluasi pembelajaran, analisis hasil evaluasi, dan pembuatan laporan sebagai kegiatan akhir dalam rangka Praktik Pengalaman Lapangan di SMP N 1 Klaten. Kegiatan PPL dilaksanakan mulai tanggal 24 Juni 2013 sampai dengan 17 September 2013 di SMP N 1 Klaten. Selama praktik mahasiswa diberi kepercayaan untuk mengampu kelas VIII A, VIII B dan VIII C, VIII D, VIII E, VIII H di bawah bimbingan ibu Dra. Lies Yuni serta kelas VII A, VII B, VII C, VII D, dan VII E di bawah bimbingan ibu Dra. Plasidia Pujiati Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penyusunan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran sampai pengelolaan kelas. Mahasiswa telah dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta keterampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing. Selain itu juga memperoleh pengalaman faktual mengenai proses belajar mengajar dan kegiatan persekolahan lainnya yang selanjutnya sangat berguna bagi praktikan untuk mengembangkan dirinya sebagai guru dan tenaga pendidik yang profesional, memiliki nilai, sikap, dan pengetahuan serta keterampilan yang diperlukan.