%0 Thesis %9 S1 %A Fadilah, Swasih Fithria Asma %A Mimin Nur Aisyah, M.Sc., Ak., %B Pendidikan Akuntansi %D 2017 %F UNY:52307 %I Fakultas Ekonomi UNY %T ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KECURANGAN AKADEMIS MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/52307/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh Gender terhadap Kecurangan Akademis, 2) Pengaruh Pendidikan Orang Tua terhadap Kecurangan Akademis, 3) Pengaruh Orientasi Etis yakni Idealisme dan Relativisme terhadap Kecurangan Akademis, 4) Pengaruh Harga Diri terhadap Kecurangan Akademis, 5) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Kecurangan Akademis, 6) Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya terhadap Kecurangan Akademis, dan 7) Pengaruh Pendidikan Orang Tua, Orientasi Etis, Harga Diri, Motivasi Belajar, dan Lingkungan Teman Sebaya secara bersama-sama terhadap Kecurangan Akademis Mahasiswa Pendidikan Akuntansi FE UNY. Sampel penelitian ini adalah 163 Mahasiswa Pendidikan Akuntansi FE UNY angkatan 2013, 2014, dan 2015. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis one way anova, analisis regresi sederhana dan teknik analisis regresi ganda. Hasil penelitian terhadap Mahasiswa Pendidikan Akuntansi FE UNY adalah (1) Mahasiswa bergender laki-laki memiliki kecenderungan Kecurangan Akademis yang lebih tinggi dibandingkan perempuan, ditunjukkan dengan rata-rata 30,76 lebih besar dari 26,12 dengan nilai Fhitung sebesar 16,068; dan nilai signifikan 0,000 (2) Pendidikan Orang Tua berpengaruh negatif terhadap Kecurangan Akademis tidak didukung dalam penelitian ini meskipun nilai rhitung sebesar 0,041; dan nilai signifikan 0,010 (3) Orientasi Etis yakni Idealisme berpengaruh negatif terhadap Kecurangan Akademis dengan nilai rhitung sebesar 0,129; dan nilai signifikan 0,000; Relativisme berpengaruh positif terhadap Kecurangan Akademis tidak didukung dalam penelitian ini meskipun nilai rhitung sebesar 0,012 dan nilai signifikan 0,169 (4) Harga Diri berpengaruh negatif terhadap Kecurangan Akademis yang ditunjukkan dengan nilai rhitung sebesar 0,145; dan nilai signifikan 0,000 (5) Motivasi Belajar berpengaruh negatif terhadap Kecurangan Akademis yang ditunjukkan dengan nilai rhitung sebesar 0,182; dan nilai signifikan 0,000 (6) Lingkungan Teman Sebaya berpengaruh positif terhadap Kecurangan Akademis yang ditunjukkan dengan nilai rhitung sebesar 0,117; dan nilai signifikan 0,000 (7) Pendidikan Orang Tua, Orientasi Etis yakni Idealisme dan Relativisme, Harga Diri, Motivasi Belajar, dan Lingkungan Teman Sebaya memiliki pengaruh secara bersamasama terhadap Kecurangan Akademis yang ditunjukkan dengan nilai Adjusted R2 sebesar 0,308; dan nilai Fhitung (13,00) lebih besar dari Ftabel (2,07).