%I Fakultas Ekonomi UNY %D 2017 %T ENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X SMK 17 MAGELANG TAHUN AJARAN 2016/2017 %K Motivasi Belajar, Lingkungan Teman Sebaya, Prestasi Belajar Akuntansi %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X SMK 17 Magelang Tahun Ajaran 2016/2017, 2) Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X SMK 17 Magelang Tahun Ajaran 2016/2017, 3) Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X SMK 17 Magelang Tahun Ajaran 2016/2017. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMK 17 Magelang Tahun Ajaran 2016/2017 sejumlah 54 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan kuesioner. Dokumentasi digunakan untuk memperoleh data Prestasi Belajar Akuntansi, angket digunakan untuk memperoleh data variabel Motivasi Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya. Uji coba instrumen dilakukan di SMK 17 Magelang dengan N=30 menggunakan uji terpakai. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach’s. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji linearitas dan uji multikolinearitas. Uji hipotesis terdiri dari regresi sederhana, regresi ganda, sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil penelitian: 1) Terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dengan rx1y = 0,525; r2 x1y = 0,276; thitung 4,453; ttabel 2,007; konstanta = 19,627; koefisien X1 = 0,941 dengan taraf signifikansi 5%. 2) Terdapat pengaruh positif Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar dengan rx2y = 0,519; r2 x2y = 0,269; thitung 4,376; ttabel 2,007; konstanta = 25,593 ; koefisien X2 = 0,927 dengan taraf signifikansi 5%. 3) Terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dengan Rx12y = 0,630; R2 x12y = 0,397; Fhitung 16,768; Ftabel 3,18; konstanta = 1,296; koefisien X1 = 0,690; koefisien X2 = 0,669; dengan taraf signifikansi 5%. Sumbangan Relatif Motivasi Belajar sebesar 53,54% dan Sumbangan Efektif 21,26%. Sumbangan Relatif Lingkungan Teman Sebaya 46,46% dan Sumbangan Efektif sebesar 18,44%. %A Anisa Shofyana Nur %L UNY52300