TY - THES AV - public A1 - Mahardika, Cholis PB - Fakultas Bahasa dan Seni TI - ENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN TEKNIK UKIR KAYU DI SMK NEGERI 1 KALASAN YOGYAKARTA ID - UNY52297 Y1 - 2017/08/18/ UR - http://eprints.uny.ac.id/52297/ M1 - skripsi N2 - Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan multimedia pembelajaran teknik ukir kayu yang menarik dan mudah digunakan oleh siswa kelas X Jurusan Desain dan Produksi Kriya Kayu SMK Negeri 1 Kalasan, 2) mendeskripsikan kualitas produk multimedia pembelajaran teknik ukir kayu yang memenuhi standar kelayakan produk agar dapat digunakan untuk siswa kelas X Jurusan Desain dan Produksi Kriya Kayu SMK Negeri 1 Kalasan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Reaserch and Development menurut Borg dan Gall. Langkah-langkah penelitian ini meliputi 9 tahap: 1) analisis kebutuhan, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi produk, 5) revisi desain, 6) uji coba produk, 7) revisi produk, 8) uji coba pemakaian, 9) revisi produk (mengadopsi dalam Sugiyono, 2016:298). Validasi produk dilakukan oleh validator ahli materi dan validator ahli media. Subjek penelitian yang digunakan dalam serangkaian uji coba pemakaian produk berjumlah 35 siswa kelas X Jurusan Desain dan Produksi Kriya Kayu SMK Negeri 1 Kalasan, yang terdiri dari 7 siswa pada uji coba produk kelas terbatas dan 28 siswa pada uji coba pemakaian produk kelas besar. Metode pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, pengamatan atau observasi, angket, dan dokumentasi. Data dikumpulkan melalui angket yang kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif guna mengetahui kualitas multimedia pembelajaran teknik ukir kayu. Penelitian ini menghasilkan sebagai berikut: 1) produk multimedia pembelajaran teknik ukir kayu yang menarik dan mudah digunakan oleh siswa, 2) produk multimedia pembelajaran teknik ukir kayu yang memiliki kualitas kevalidan materi dan media sangat valid. Hasil uji coba produk kelas terbatas ialah sangat layak, serta hasil pada uji coba pemakaian produk kelas besar juga sangat layak digunakan siswa oleh kelas X Jurusan Desain dan Produksi Kriya Kayu. Hasil uji coba pemakaian produk pada guru ialah sangat layak. Analisis pengambilan data disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran teknik ukir kayu sangat layak dan dapat digunakan oleh siswa kelas X Jurusan Desain dan Produksi Kriya Kayu di SMK Negeri 1 Kalasan. ER -