%I Fakultas Ekonomi UNY %D 2017 %T PENGARUH CARA BELAJAR SISWA DAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK YPE SAWUNGGALIH KABUPATEN PURWOREJO TAHUN AJARAN 2016/2017 %K Cara Belajar Siswa, Keterampilan Mengajar Guru, Prestasi Belajar Akuntansi %A NURMALIYANI RISKA %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh Cara Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK YPE Sawunggalih Tahun Ajaran 2016/2017. 2) Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK YPE Sawunggalih Tahun Ajaran 2016/2017. 3) Pengaruh Cara Belajar Siswa dan Keterampilan Mengajar Guru secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK YPE Sawunggalih Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 95 siswa kelas X Akuntansi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji coba instrumen dilakukan kepada 29 siswa kelas X Akuntansi SMK YPE Sawunggalih yang merupakan anggota populasi yang berada di luar sampel. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach’s. Uji Prasayarat analisis meliputi uji normalitas, uji linieritas dan uji multikolinieritas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Cara Belajar Siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Akuntansi yang ditunjukkan dengan nilai rx1y= 0,322; r2x1y= 0,104 dan thitung= 3,282; ttabel= 1,985 pada taraf signifikansi 5%. 2) Keterampilan Mengajar Guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Akuntansi yang ditunjukkan dengan nilai rx2y= 0,479; r2x2y= 0,229 dan thitung= 5,258; ttabel= 1,985 pada taraf signifikansi 5%. 3) Cara Belajar Siswa dan Keterampilan Mengajar Guru secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Akuntansi yang ditunjukkan dengan nilai Ry(1,2)= 0,502; R2y(1,2)= 0,252; Fhitung= 15,510; Ftabel= 3,095 pada taraf signifikansi 5%. Sumbangan Relatif Cara Belajar Siswa sebesar 19,56% dan Sumbangan Efektifnya sebesar 4,93%. Sumbangan Relatif Keterampilan Mengajar Guru sebesar 80,44% dan Sumbangan Efektifnya sebesar 20,27%. %L UNY52265