%D 2014 %J Laporan PPL %A Faizun Hesti Pamungkas Faizun Hesti Pamungkas %I LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta %T LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP NEGERI 2 SEWON Jl. Parangtritis Km.6 Panggungharjo %L UNY52261 %X Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di lokasi SMP Negeri 2 Sewon yang terletak di Jl. Parangteritis Km.6 Panggungharjodan berlangsung selama kurang lebih 11 minggu, sejak tanggal 1 Juli 2012 sampai dengan 17 September 2013.Kegiatan ini memberikan pengalaman bagi mahasiswa dalam bidang pembelajaran dan manajerial di sekolah dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, sosial serta memberikan kesempatan untuk mempelajari, mengenal, dan menghayati permasalahan di sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran pada umumnya dan pembelajaran Seni Musik pada khususnya. Kegiatan praktek pengalamam Lapangan (PPL) meliputi kegiatan praktek mengajar dan kegiatan lainnya yang diselenggarakan oleh pihak sekolah. Praktik mengajar dimulai sejak tanggal 22 Juli 2012 yang dilakukan di kelas VII A , VII C , VIII A , dan VIII G .Adapun jumlah pelaksanaan praktik mengajar dikelas sebanyak 24 pertemuan. Adapun hasil yang dicapai selama PPL, praktikan memperoleh pengalaman dan ketrampilan untuk melaksanakan pembelajaran dan kegiatan manajerial di sekolah. Praktik mengajar yang dilaksanakan dapat berjalan lancar umumnya sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) meskipun masih terdapat hambatan baik yang bersifat klasikal maupun teknis. Hambatan yang ada dapat diatasi dengan berkonsultasi dengan pihak yang terkait yaitu guru pembimbing sehingga permasalahan segera dapat diselesaikan. Kegiatan Pengalaman Lapangan (PPL) ini memberikan manfaat yang dapat diambil adalah mahasiswa dapat merasakan secara langsung kegiatan pembelajaran di kelas dan kegiatan lainnya yang berkaitan dengan kegiatan belajar mengajar (KBM). Ilmu yang sudah diterima di kampus benar-benar dapat dimanfaatkan dan dibagikan kepada para siswa serta praktikan dapat belajar mengelola kegiatan belajar-mengajar di kelas dengan baik walaupun masih terdapat kekurangan-kekurangan yang ditemui selama kegiatan PPL ini berlangsung. Namun hal yang paling penting dengan PPL ini, mahasiswa praktikan memperolah pengalaman yang berharga, yang terkait dengan hubungan kekeluargaan yang sudah terjalin dengan para siswa.