@phdthesis{UNY52254, year = {2017}, author = {Witantyo Maulana}, school = {Fakultas Ekonomi UNY}, title = {PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU UNO AKUNTANSI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X AKUNTANSI 4 SMK YPKK 2 SLEMAN TAHUN AJARAN 2016/2017}, url = {http://eprints.uny.ac.id/52254/}, keywords = {Media Pembelajaran, Kartu UNO Akuntansi, Motivasi Belajar}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan Kartu UNO Akuntansi sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan Motivasi Belajar kelas X Akuntansi 4 SMK YPKK 2 Sleman, (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran Kartu UNO Akuntansi, (3) mengetahui penilaian siswa kelas X Akuntansi 4 SMK YPKK 2 Sleman terhadap pengembangan media pembelajaran Kartu UNO Akuntansi, (4) mengetahui peningkatan Motivasi Belajar siswa kelas X Akuntansi 4 SMK YPKK 2 Sleman setelah menggunakan media pembelajaran Kartu UNO Akuntansi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R\&D) dengan menggunakan model ADDIE. Pada tahap development, Kartu UNO Akuntansi dinilai oleh para ahli yaitu Ahli Materi (Dosen FE UNY), Ahli Media (Dosen FE UNY) dan Praktisi Pembelajaran (Guru Akuntansi). Pada tahap implementasi dilakukan uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan. Pengukuran Motivasi Belajar dilakukan pada 36 siswa kelas X Akuntansi 4 SMK YPKK 2 Sleman. Teknik pengumpulan data dalam penelitian pengembangan ini melalui tes dan angket. Data yang diperoleh dari angket dan tes dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan: (1) pengembangan Kartu UNO Akuntansi melalui lima tahap yaitu tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi dan tahap evaluasi; (2) kelayakan media Kartu UNO Akuntansi dinilai berdasarkan pada: a) Ahli Materi diperoleh rata-rata skor 4,75 yang termasuk kategori Sangat Layak, b) Ahli Media diperoleh rata-rata skor 4,42 yang termasuk kategori Sangat Layak, dan c) Praktisi Pembelajaran diperoleh rata-rata skor 4,28 yang termasuk kategori Sangat Layak; (3) penilaian siswa pada uji coba kelompok kecil diperoleh rata-rata skor 4,12 yang termasuk kategori Layak dan penilaian siswa pada uji coba lapangan diperoleh rata-rata skor 4,40 yang termasuk kategori Sangat Layak; (4) berdasarkan analisis peningkatan Motivasi Belajar sebelum dan sesudah penggunaan media dengan gain score diperoleh peningkatan sebesar 0,33 kategori sedang sehingga media Kartu UNO Akuntansi dapat meningkatkan Motivasi Belajar siswa.} }