%T PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, KREATIVITAS BELAJAR, DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI KEUANGAN SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 1 TEMPEL TAHUN AJARAN 2016/2017 %I Fakultas Ekonomi UNY %D 2017 %K Motivasi Belajar, Kreativitas Belajar, Lingkungan Teman Sebaya, Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan %A IRFA’ AFRIAL %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:1) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan, 2) Pengaruh Kreativitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan, 3) Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan, dan 4) Pengaruh Motivasi Belajar, Kreativitas Belajar, dan Lingkungan Teman Sebaya secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan. Penelitian ini merupakan penelitian ex post-facto. Subyek pada penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2016/2017 sebanyak 94 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode angket. Uji coba instrumen penelitian dilakukan di SMK Negeri 1 Godean sebanyak 30 siswa. Uji validitas menggunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha. Pengujian prasyarat analisis meliputi uji linearitas dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi sederhana untuk hipotesis pertama, kedua dan ketiga serta analisis regresi ganda untuk hipotesis keempat. Hasil penelitian ini adalah 1) Motivasi Belajar berpengaruh positif terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan yang ditunjukkan dengan nilai rx1y = 0,424; r2x1y = 0,180; 2) Kreativitas Belajar berpengaruh positif terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan yang ditunjukkan dengan nilai rx2y = 0,604; r2x2y = 0,365; 3) Lingkungan Teman Sebaya berpengaruh positif terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan yang ditunjukkan dengan nilai rx3y = 0,361; r2x3y = 0,130; 4) Motivasi Belajar, Kreativitas Belajar, dan Lingkungan Teman Sebaya berpengaruh positif terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan yang ditunjukkan dengan nilai Ry(123) = 0,670; R2y(123) = 0,449, dengan total sumbangan efektif 30,24% yang artinya Motivasi Belajar, Kreativitas Belajar, dan Lingkungan Teman Sebaya secara bersama-sama mempengaruhi Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan sebesar 30,24% dan 69,76% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. %L UNY52246