TY - THES A1 - Permadi, Ayodya PB - Fakultas Ekonomi Y1 - 2017/07/14/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) seberapa jauh pengetahuan masyarakat Desa Pendem mengetahui mengenai fungsi dan tujuan mengenai perbankan dan pelayanan yang dilakukan oleh bank yakni teknologi branchless banking, (2) dan menggali informasi mengenai faktor-faktor pendorong persepsi masyarakat pedesaan terhadap penerimaan masyarakat pedesaan dengan pelayanan yang menggunakan sistem layanan tanpa kantor (branchless banking) yang dilakukan oleh bank. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksploratori. Pengambilan sampel sebanyak 100 dengan menggunakan teknik sampel random sederhana. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan Focus group discussion (FGD) dan wawancara. Penelitian menemukan bahwa, (1) masyarakat Desa Pendem memiliki tingkat pengetahuan yang tinggi mengenai perbankan dan layanan berbasis branchless banking. (2) Masyarakat Desa Pendem memiliki tingkat perepsi penerimaan layanan yang tinggi terhadap layanan tanpa kantor (branchless banking). Relative advantage, complexity, dan trialability merupakan faktor yang harus diperhatikan dalam pengembangan layanan branchless banking sebab hal tersebut tepat digunakan untuk pengembangan layanan ini di Desa Pendem. Tiga sub-variabel tersebut berkontribusi terhadap tingkat persepsi penerimaan masyarakat pedesaan untuk teknologi baru, sedangkan dua faktor lainnya yakni compatibility dan observability merupakan hambatan bagi teknologi branchless banking UR - http://eprints.uny.ac.id/52216/ AV - public TI - PERSEPSI MASYARAKAT DESA PENDEM BERBAH TERHADAP TEKNOLOGI BRANCHLESS BANKING M1 - skripsi ID - UNY52216 ER -