TY - RPRT N2 - Program KKN PPL adalah program kegiatan yang memadukan antara program kegiatan Kuliah Kerja Nyata dengan program kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan. Kedua program tersebut merupakan kegiatan terpadu sehingga pelaksanaan kegiatannya saling terintegrasi dan saling mendukung satu dengan lainnya. Tujuan yang ingin dicapai kedua program terpadu tersebut, yaitu : mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik dan atau tenaga kependidikan. Lokasi kegiatan KKN-PPL yaitu di SMP Negeri 10 Magelang, beralamat di jl.Soekarno-Hatta No.2 Magelang, kota Magelang, yang memiliki lahan yang cukup luas serta fasilitas sarana dan prasarana penunjang yang memadai. KKN-PPL UNY semester khusus tahun 2013 ini dilaksanakan mulai tanggal 01 Juli sampai dengan 14 September 2013 yang diawali dengan sosialisasi dan koordinasi, observasi ke lokasi, serta identifikasi dan inventarisasi permasalahan. Berdasarkan beberapa hal diatas, maka diagendakan beberapa program, dan disusunlah proposal kegiatan KKN-PPL tersebut. Pelaksanaan berbagai program kegiatan KKN-PPL yang telah direncanakan tersebut meliputi Program KKN ( KKN kelompok dan KKN individu ) dan Program PPL. Adapun Program KKN individu yang yang direncanakan disesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran masing-masing bidang studi yang bersangkutan, untuk program studi PJKR. Kami mengidentifikasi beberapa masalah yang ada di SMP N 10 Magelang terkait proses pembelajaran mata pelajaran penjas orkes, masalah tersebut adalah, 1.) Kondisi gudang peralatan olahraga yang kurang memadahi, sehingga membuat guru ataupun siswa kesulitan saat mengambil peralatan olahraga, 2.) peralatan untuk pembelajaran sangat kurang , 3.) Proses pembelajaran masih belum memaksimalkan media. Maka kami merencanakan berbagai kegiatan untuk mengatasi masalah tersebut. Program individu dari PJKR juga sudah melakukan penyediaan media pembelajaran. Sementara untuk Program KKN kelompok terdiri atas program utama dan program penunjang serta program insidental yang direalisasikan menurut kondisi sekolah. Untuk mempermudah kegiatan yang akan kami lakukan, kami menggunakan metode yang tepat agar semua masalah dapat diselesaikan, mulai dari observasi, wawancara, dan konsultasi dengan guru pembimbing lapangan. Di samping kesuksesan pelaksanaan berbagai program tersebut, segenap mahasiswa juga memperoleh pemahaman tentang proses pendidikan dan pembelajaran di SMP Negeri 10 Magelang, memperoleh pengalaman tentang cara berfikir dan bekerja secara interodisipliner sehingga dapat memahami adanya keterkaitan ilmu dalam mengatasi permasalahan pendidikan yang ada di sekolah, memperoleh pengalaman dan ketrampilan untuk melaksanakan pembelajaran di sekolah serta berkesempatan membantu pemikiran sebagai problem solver. Y1 - 2013/// PB - LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta A1 - Salasabella Moellina Santi, Salasabella Moellina Santi AV - public TI - LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) TAHUN AKADEMIK 2013/2014 SMP N 10 MAGELANG M1 - project_report ID - UNY52209 UR - http://eprints.uny.ac.id/52209/ ER -