@techreport{UNY52183, author = {PAWIT RESMIYATI PAWIT RESMIYATI}, title = {LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA}, journal = {Laporan PPL}, institution = {Universitas Negeri Yogyakarta}, year = {2013}, type = {Project Report}, publisher = {LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta}, abstract = {Kegiatan PPL merupakan kegiatan yang berkaitan dengan proses pembelajaran maupun kegiatan yang mendukung berlangsungnya pembelajaran. Tujuan utama dari kegiatan PPL ini adalah untuk melatih mahasiswa dalam menerapkan kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki dalam suatu proses pembelajaran sesuai dengan bidang studinya. Pada akhirnya nanti mahasiswa akan mendapatkan pengalaman yang factual dan dapat dipakai sebagai bekal untuk mengembangkan potensinya. Sebelum melakukan PPL dilakukan kegiatan observasi kelas terlebih dahulu guna mengetahui kondisi dan situasi di kelas selama kegiatan belajar mengajar berlangsung. Kondisi dan situasi tersebut meliputi kondisi fisik kelas, fasilitas, pendidik, dan peserta didik serta metode yang digunakan selama kegiatan belajar mengajar. Kegiatan PPL dilaksanakan sejak tanggal 15 Juli hingga 13 September 2013, namun untuk praktik mengajarnya dimulai sejak tanggal 20 Agustus 2013 bertempat di SMK Batik Perbaik Purworejo. Kegiatan yang dilakukan selama PPL diantaranya adalah menyusun minggu efektif, program tahunan, program semester, silabus, RPP, media pembelajaran, menyiapkan metode pembelajaran, menyiapkan evaluasi beserta metode evaluasi, dan menyiapkan sistem penilaian. Selama PPL mahasiswa mengampu kelas X semua program keahlian dengan mata pelajaran Seni Budaya (Seni Rupa) kelas X TKJ 1, X TKJ 2, X RPL, X AK 1, X AK 2, X AK 3, X PM 1, X PM 2, X AP 1, X AP 2 dengan mata pelajaran Seni Budaya (Seni Rupa). Dalam satu minggu untuk kelas XI RPL mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengajar selama 20 jam pelajaran untuk masing-masing kelas X diberikan kesempatan mengajar selama 2 jam sehingga total jam mengajar selama satu minggu adalah 20 jam pelajaran. Hasil dari kegiatan PPL ini adalah pengalamannyata mahasiswa dalam mengajar, pengalaman bagaimana menjadi pendidik yang kreatif selama menghadapi peserta didik yang mempunyai kerakter berbeda. Mahasiswa juga belajar bagaimana menyusun administrasi seorang pendidik selama satu semester. Selain itu, mahasiswajuga dibekali bagaimana seharusnya berkomunikasi dengan peserta didik yang tentunya memiliki usia yang jauh lebih muda sehingga dapat tercipta suasana dan hubungan yang menyenangkan.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/52183/} }