TY - RPRT PB - LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta TI - LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) N2 - Universitas Negeri Yogyakarta mempunyai tugas dan misi menyiapkan atau menghasilkan tenaga kependidikan yang memiliki sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai tenaga profesional. Dalam menyiapkan tenaga pendidikan tersebut, UNY memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi mahasiswa tentang proses belajar-mengajar melalui mata kuliah Pengantar Ilmu Pendidikan, Psikologi Pendidikan, Sosioantropologi Pendidikan, Pengembangan Kurikulum, Metodologi Pembelajaran, Media Pengajaran, Evaluasi Pembelajaran, Pengajaran Mikro, dan PPL. PPL adalah kegiatan latihan kependidikan yang bersifat wajib dilaksanakan oleh mahasiswa jurusan kependidikan dalam rangka memenuhi persyaratan sebagai tenaga kependidikan yang profesional sesuai dengan tugas dan misi Universitas. Lokasi praktikan melaksanakan PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) adalah di SMP N 9 Magelang yang terletak di Jalan Cemara 7 No 34 Magelang. Sebelum melaksanakan Kegiatan PPL, praktikan telah melaksanakan pengajaran mikro dan sebelum di terjunkan di lokasi PPL didahului dengan observasi ke lokasi, yaitu di SMP N 9 Magelang. Pelaksanaan PPL dimulai pada tanggal 1 Juli ? 17 September 2013. Dalam kegiatan PPL ini praktikan mengampu mata pelajaran Seni Budaya (Seni Musik) kelas VIII (A,B,C,D,E,F,& G). Praktikan merasa bahwa dalam Praktik Pengalaman Lapangan ini mendapat banyak pengalaman tentang dunia kependidikan secara lebih dekat. Program kerja yang dirancang pada awal kegiatan PPL dapat dilaksanakan dengan lancar. Secara garis besar, kegiatan PPL berlangsung secara baik, mulai dari observasi, pembuatan administrasi mengajar, Rencana Pokok Pembelajaran, proses belajar mengajar hingga evaluasi dan penyusunan laporan. Hambatan yang ada masih dalam taraf wajar, yang diharapkan dapat memberikan pengalaman yang berharga bagi praktikan untuk lebih meningkatkan kualitas, terutama di bidang pendidikan. Adapun saran dari penyusun agar dari pihak sekolah lebih mengembangkan fasilitas yang bersangkutan langsung dengan proses pengajaran, bagi pihak UNY supaya pembekalan kepada mahasiswa PPL terkait dengan proses pembelajaran lebih ditingkatkan, sehingga untuk mahasiswa angkatan selanjutnya dapat memahami dan lebih rajin mempelajari tentang ilmu-ilmu kependidikan supaya kegiatan PPL untuk tahun berikutnya berlangsung lebih baik. Y1 - 2013/// ID - UNY52162 A1 - ESKA DANI IRMAWATI, ESKA DANI IRMAWATI AV - public M1 - project_report UR - http://eprints.uny.ac.id/52162/ ER -