TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/52160/ M1 - skripsi ID - UNY52160 TI - ANALISIS SIKAP ILMIAH DAN PERSEPSI TERHADAP SAINSKIMIA SISWA KELAS IV SDIT LABORATORIUM SALAMAN DENGAN MENGGUNAKAN EKSPERIMEN SAINS-KIMIA SEDERHANA AV - public PB - Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY A1 - Dewi, Herfina Prasetyaning N2 - Tujuan penelitian ini adalah untuk, (a) menganalisis sikap ilmiah siswa dalam pembelajaran sains-kimia, (b) menganalisis profil untuk setiap kategori sikap ilmiah siswa dalam pembelajaran Sains-kimia pada setiap pertemuan, dan (c) mengetahui ada tidaknya perbedaan persepsi siswa terhadap sains-kimia sebelum dan sesudah pembelajaran Sains-kimia siswa kelas IV SDIT Laboratorium Salaman dalam eksperimen sains-kimia sederhana. Penelitian ini merupakan penelitian quasi-eksperiment dengan desain onegroup pretest-postest study. Populasi pada penelitian adalah siswa kelas IV SDIT Laboratorium Salaman tahun ajaran 2016/2017 yang terbagi menjadi enam kelas. Sampel yang digunakan yaitu kelas IV yang berjumlah 22 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah population sampling. Pembelajaran dilaksanakan dengan eksperimen sains-kimia sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) sikap ilmiah siswa secara keseluruhan dikategorikan sangat baik dengan persentase pencapaian sebesar 83,84%, (b) profil untuk kategori sikap ingin tahu, sikap objektif terhadap data/fakta, sikap berfikir kritis, sikap penemuan dan kreativitas, sikap berfikiran terbuka dan kerjasama, dan sikap ketekunan berturut-turut dengan persentase sebesar 78,79%; 96,02; 77,1 5%; 56,06%; 85,28%; dan 91,29%, (c) Ada perbedaan persepsi siswa terhadap sains-kimia sebelum dan sesudah eksperimen sains-kimia sederhana. Y1 - 2017/08/16/ ER -