TY - THES N2 - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi siswa kelas X Akuntansi 1 SMK Muhammadiyah 2 Moyudan tahun ajaran 2016/2017 melalui implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization (TAI). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar observasi, tes dan catatan lapangan. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis data deskriptif kuantitatif yang meliputi menghitung peningkatan Hasil Belajar Akuntansi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi siswa kelas X Akuntansi 1 SMK Muhammadiyah 2 Moyudan tahun ajaran 2016/2017 yang dibuktikan dengan adanya peningkatan Hasil Belajar Akuntansi ranah afektif dan kognitif. Peningkatan skor Hasil Belajar Akuntansi ranah afektif sebesar 8,06% atau pada siklus I sebesar 71,36% menjadi 82,42% pada siklus II. Peningkatan nilai rata-rata kelas Hasil Belajar Akuntansi ranah kognitif melalui pre test dan post test pada siklus I sebesar 16,25 atau dari 56,50 menjadi 72,75. Sementara itu pada siklus II meningkat sebesar 20,63 atau dari 63,81 menjadi 84,44. Peningkatan ketuntasan Hasil Belajar Akuntansi pada siklus I sebesar 43,75% atau dari 6,25% menjadi 50,00%. Sementara pada siklus II meningkat sebesar 56,25% atau dari 31,25% menjadi 87,50%. Y1 - 2017/// PB - Fakultas Ekonomi UNY A1 - LATRI, SEKAR AV - public TI - IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI 1 SMK MUHAMMADIYAH 2 MOYUDAN TAHUN AJARAN 2016/2017 KW - Hasil Belajar Akuntansi KW - Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI). ID - UNY52146 M1 - skripsi UR - http://eprints.uny.ac.id/52146/ ER -