eprintid: 52134 rev_number: 16 eprint_status: archive userid: 9 dir: disk0/00/05/21/34 datestamp: 2017-08-18 02:19:25 lastmod: 2019-01-30 14:51:09 status_changed: 2017-08-18 02:19:25 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Afani, Fauzul Muna creators_name: Rosnawati, R. title: PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PENDEKATAN INQUIRY PADA MATERI TURUNAN FUNGSI TRIGONOMETRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SEMESTER DUA ispublished: pub subjects: F4 divisions: fmipa_jurdik_math_pend_math full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan LKS berbasis pendekatan inquiry pada materi turunan fungsi trigonometri untuk kelas XI IPA yang memiliki kualifikasi yang baik. LKS yang baik dinilai dari aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan LKS. Penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian pengembangan. Produk yang dikembangkan berupa LKS. Pengembangan LKS dilakukan dengan mengikuti tahap-tahap ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu analisis (analysis),desain (design), pengembangan (developmen), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3, uji coba dilakukan kepada kelas XI IPA 2 yang berjumlah 33 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu lembar penilaian LKS untuk ahli media dan ahli materi serta lembar penilaian RPP untuk menilai kevalidan LKS, angket respon guru dan angket respon siswa untuk menilai kepraktisan LKS dan tes hasil belajar siswa untuk menilai keefektifan LKS. Hasil penelitian menunjukkan LKS yang dikembangkan memiliki kualifikasi baik yang ditinjau dari valid, praktis dan efektif. LKS yang dikembangkan diawali dengan masalah yang dapat menfasilitasi agar siswa dapat merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data dan menguji hipotesis, dan yang terakhir menyimpulkan. LKS valid dengan perolehan rata-rata penilaian yaitu 3,15 yang termasuk dalam kategori baik. LKS praktis berdasarkan rata-rata penilaian yaitu 3,20. LKS efektif dilihat dari persentase ketuntasan belajar siswa dengan persentase ketuntasan belajar 70%, sehingga LKS dikatakan efektif untuk digunakan dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci: LKS, pengembangan, inquiry, turunan fungsi trigonometri, hasil belajar date: 2017-07-17 date_type: published institution: UNY department: Jurusan Pendidikan Matematika thesis_type: skripsi citation: Afani, Fauzul Muna and Rosnawati, R. (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PENDEKATAN INQUIRY PADA MATERI TURUNAN FUNGSI TRIGONOMETRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SEMESTER DUA. S1 thesis, UNY. document_url: http://eprints.uny.ac.id/52134/1/Abstrak%20Indonesia.docx document_url: http://eprints.uny.ac.id/52134/2/Awal.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/52134/3/BAB%20I.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/52134/4/BAB%20II.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/52134/5/BAB%20III.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/52134/6/BAB%20IV.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/52134/7/BAB%20V.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/52134/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/52134/9/LAMPIRAN.pdf