@phdthesis{UNY52113, month = {August}, author = {Dhian Wulandari}, title = {UPAYA MENINGKATKAN PERHATIAN SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI PENGGUNAAN MEDIA VIDEO DI SD NEGERI TOTOGAN KULON PROGO}, school = {PGSD}, year = {2017}, abstract = {Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan perhatian siswa kelas III pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan menggunakan media video di SD Negeri Totogan Kulon Progo. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan peneliti secara kolaboratif bersama dengan guru kelas sebagai pemberi tindakan. Tahapan penelitian ini menggunakan model Kemmis \& Mc Taggart dengan 4 tahapan penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Totogan dengan jumlah 16 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Data diperoleh dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dikatakan berhasil apabila 80\% dari jumlah siswa memperoleh skor skala perhatian siswa minimal 76 atau dalam kategori baik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan perhatian siswa kelas III di SD Negeri Totogan dengan menggunakan media video. Peningkatan perhatian siswa dapat dilihat dari hasil analisis perhatian siswa. Hasil penelitian diperoleh rata-rata perhatian siswa sebelum mendapat tindakan sebesar 59,37\% masuk dalam kategori kurang. Siklus I rata-rata perhatian siswa meningkat menjadi 69,75\% dalam kategori cukup dan terdapat 5 siswa dari 16 siswa yang masuk kategori perhatian baik. Siklus II rata-rata perhatian siswa meningkat lagi menjadi 81,64\% dalam kategori baik dan terdapat 14 siswa dari 16 siswa yang masuk kategori perhatian baik. Penelitian berhenti pada siklus II karena hasil yang diperoleh pada siklus II sudah memenuhi kriteri keberhasilan yaitu 87,5\% siswa kelas III memperoleh skor perhatian dalam kategori baik. Kata kunci: perhatian siswa, media video}, url = {http://eprints.uny.ac.id/52113/} }