%0 Thesis %9 S1 %A Kartikasari, Diah Nuraini %A Wutsqa, Dhoriva Urwatul %B Jurusan Pendidikan Matematika %D 2017 %F UNY:52104 %I UNY %T KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN SETTING PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DITINJAU DARI MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP N 1 SANDEN %U http://eprints.uny.ac.id/52104/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual dengan setting pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) ditinjau dari minat dan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP N 1 Sanden. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian pretest posttest non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sanden yang terdiri dari 160 siswa. Dari lima kelas yang ada, dipilih dua kelas sebagai sampel penelitian yaitu kelas VIII A sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran secara konvensional dan kelas VIII D sebagai kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual dengan setting pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization (TAI). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes untuk mengukur prestasi belajar siswa yang terdiri dari soal pretest dan posttest dan instrumen nontes yang berupa angket untuk mengukur minat belajar siswa, serta lembar observasi untuk mengamati keterlaksanaan pembelajaran. Uji keefektifan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan: (1) pendekatan kontekstual dengan setting pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization efektif ditinjau dari minat belajar siswa kelas VIII SMP, (2) pendekatan kontekstual dengan setting pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization efektif ditinjau dari prestasi belajar siswa kelas VIII SMP, (3) pembelajaran konvensional tidak efektif ditinjau dari minat belajar siswa kelas VIII SMP, (4) pembelajaran konvensional efektif ditinjau dari prestasi belajar siswa kelas VIII SMP (5) pendekatan kontekstual dengan setting pembelajaran kooperatif TAI lebih efektif daripada pembelajaran konvensional ditinjau dari minat belajar siswa kelas VIII SMP, (6) pendekatan kontekstual dengan setting pembelajaran kooperatif TAI lebih efektif daripada pembelajaran konvensional ditinjau dari prestasi belajar siswa kelas VIII SMP. Kata kunci: pendekatan kontekstual, setting Team Assisted Individualization (TAI), pembelajaran konvensional, minat belajar, prestasi belajar